18 Mei 2024

Peselancar mancanegara yang ikut dalam lomba Bono Surfing kategori profesional berselancar di Sungai Kampar dalam festival Bono Surfing 2022 di Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan pada 11 November 2022 lalu. (foto: tribunpekanbaru)

PELALAWAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pelalawan masih mencari waktu yang tepat untuk menggelar festival Bono Surfing tahun 2023 ini di Sungai Kampar Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, event Bono Surfing merupakan kompetisi para surfer dalam menaklukkan Ombak Bono Sungai Kampar di Teluk Meranti.

Kegiatan ini dipusatkan di destinasi wisata Ombak Bono yang telah mendunia dan dikenal banyak peselancar nasional dan internasional.

Festival Bono Surfing serta Bekudo Bono telah diagendakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pelalawan.

“Kami sedang mempertimbangkan waktu yang tepat untuk festival Bono Surfing. Karena harus bersamaan dengan puncak Ombak Bono di Sungai Kampar,” ungkap Kepala Disparpora Pelalawan, Dodi Asma Saputra S.STP kutip tribunpekanbaru.com, Senin (6/11/2023).

Dodi Asma Saputra menerangkan, pelaksanaan Bono Surfing biasanya menghitung waktu munculnya Ombak Bono dengan ketinggian maksimal.

Diperkirakan puncak Ombak Bono di Sungai Kampar Teluk Meranti sekitar tanggal 27 November sampai 1 Desember.

Hal itu dihitung berdasarkan kemunculan bulan serta pendapat para masyarakat yang memahami karakteristik ombak tersebut secara kearifan lokal.

Dijelaskannya, pihaknya akan turun ke Sungai Kampar Teluk Meranti untuk memastikan puncak Ombak Bono jatuh pada hari dan tanggal yang tepat.

Sehingga pengaturan festival Bono Surfing bisa ditetapkan pada hari yang sama. Alhasil pada peselancar yang berkompetisi bisa bermain di atas ombak dengan maksimal, sesuai penilaian tim juri.

“Kami ingin cek langsung ke sana dulu. Berkonsultasi dengan peselancar yang sudah biasa bermain dan para tetua di Teluk Meranti,” tambah Dodi Asma Saputra.

Dikatakannya, festival Bono Surfing tahun ini lebih mengedepankan peselancar lokal yang selalu menjajal Ombak Bono di Teluk Meranti.

Kompetisi yang akan digelar melibatkan surfer lokal agar mereka lebih serius dan lebih terpacu untuk menjajal ombak yang dihasilkan oleh fenomena alam di sungai tersebut.

“Surfer lokal yang akan kita libatkan lebih banyak kali ini. Tapi beberapa peselancar internasional sudah ada yang berkomunikasi dan menanyakan jadwal ke kami,” papar Dodi. (p24)

 

Print Friendly, PDF & Email

Related News