13 April 2024

Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin. (Foto: Ades)

PEKANBARU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, mengimbau warga agar mewaspadai produk makanan kadaluwarsa jelang Idulfitri 1445 H. Pasalnya, produk makanan kadaluwarsa masih saja ditemukan di sejumlah tempat.

Warga harus mewaspadai produk makanan kadaluwarsa dalam parcel atau bingkisan Lebaran. Pengelola toko maupun ritel yang kedapatan menjual produk makanan kadaluwarsa bakal ditindak tegas.

“Kami menegaskan agar produk makanan kadaluwarsa tidak boleh dijual, apalagi sampai masuk ke dalam parcel Lebaran,” kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Rabu (27/3/2024).

Ia menuturkan, ada aturan terhadap produk makanan kadaluwarsa. Ia menjelaskan bahwa produk makanan pada enam bulan jelang kedaluwarsa harus disortir.

Dirinya menyebut bahwa produk makanan yang bakal kadaluwarsa dalam tiga bulan tidak boleh lagi di rak pajang toko. Ia mengingatkan agar pelaku usaha mengikuti regulasi yang ada.

Mereka jangan sampai menjual produk makanan yang sudah kadaluwarsa. Ia menyebut bahwa Tim Disperindag Kota Pekanbaru bersama Tim Balai Besar POM Pekanbaru sempat mendapati produk makanan kedaluwarsa.

“Begitu kita dapati langsung diamankan produknya, lantas dimusnahkan,” jelas Ami, sapaan akrabnya.

Ami mengingatkan warga agar tidak mudah terbujuk rayu potongan harga jelang Lebaran. Apalagi produk makanan kadaluwarsa itu bisa diskon hingga lebih 50 persen.

Dirinya menegaskan bahwa tim bakal kembali turun ke lapangan untuk memeriksa adanya produk makanan kadaluwarsa yang masih dijual. Mereka melakukan pemeriksaan untuk mencegah adanya pengelola toko maupun ritel nakal yang menjual produk kadaluwarsa. (Ades)

Print Friendly, PDF & Email

Related News