free website hit counter

Wabup Rohul Bersama Masyarakat Sungai Kumango Semai Benih Kacang Tanah Unggul

Rokan Hulu – Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan buka secara resmi kegiatan penyemaian bibit kacang tanah dan penyerahan bantuan Benih Ikan yang ditaja oleh Dinas tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanhor) Kabupaten Rokan Hulu melalui Pemerintah Desa (pemdes) Sungai Komango, Kecamatan Tambusai, Senin (04/07/2022) di Desa Sungai Kumango.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati H. Indra Gunawan menyampaikan Pemkab Rohul mengapresisasi kegiatan yang di taja hari ini. Wabup Indra Gunawan berharap program ini dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk dukungan Rohul menuju Indonesia Swasembada Pangan 2045.

“Bagi kami ini suatu trobosan yang bagus untuk dikembangkan pada ruang lingkup masyarakat kita. Selain menunjang kebutuhan pangan rumah tangga dalam menuju swasembada pangan, program ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Indra Gunawan.

Wabup Rohul H. Indragunawan serahkan bantuan 5000 benih ikan kepada Poktan Sungai Kumango

Berdasarkan pantauan Tim Potret24.com, Distanhor Rohul serahkan bantuan bibit unggul berupa Bibit Kacang Tanah untuk luas lahan 2 Hektar, serta Penyerahan 5.000 Benih ikan yang terdiri dari ikan nila sebanyak 2.500 ekor, dan Benih ikan mas sebanyak 2.500 ekor. Bantuan ini di serahkan kepada dua kelompok tani yang ada di Sungai Kumango.

Kemudian bantuan yang diserahkan selanjutnya adalah peranakan ayam kampung super yang diserahkan kepada masyarakat Sungai Kumango, dimana masing-masing kepala keluarga memperoleh 20 ekor anakan ayam kampung super.

Kepala desa Sungai Kumango Ali Husin menyampaikan kegiatan ini merupakan kegjatan perdana yang pernah dilaksanakan di Sungai Kumango.

Ia mengaku, selama ini belum pernah ada program penguatan Hortikultura dan Budidaya semacam hari ini di Desanya.

“Hari ini, dua kelompok tani kita menerima bantuan berupa benih dan bibit. Sebenarnya target kita empat puluh kelompok, dimana dalam satu kelompok itu terdiri dari sepuluh orang,” pungkasnya.

Wabup Rohul Indra Gunawan serahkan secara simbolis bantuan peranakan ayam kampung super kepada masyarakat Sungai Kumango

Ali Husin juga mengaku bahwa bantuan peranakan ayam kampumg super itu sudah dislurkan untuk 800 kepala keluarga. Mengenai program Hortikultura dan Budidaya ini, Pemdesnya sudah sempat mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait program.

“Hal itu dilakukan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan dasar kepada masyarakat, agar program tersebut berjalan lancar dan membuahkan hasil,” ucapnya.

“Ya, kita berharapnya apa yang ditanam hari ini dan apa yang di budidayakan, semoga membuahkan hasil. Sehingga nanti program ini betul-betul menjadi program yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Ali. (adventorial)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks