13 April 2024

Kapolres AKBP Kurnia Setyawan saat memikul selang melakukan pemadaman karhutla di Desa Telesung, Rangsang Pesisir, Minggu (24/3/2024). (Foto: mediacenterriau.go.id)

SELATPANJANG – Kapolres AKBP Kurnia Setyawan, SH, SIK turun langsung membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Pada Minggu (24/3/2024) Kapolres Kurnia membantu pemadaman Karhutla di Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, sedangkan pada Senin (25/3/2024) membantu pemadaman di Desa Mantiasa, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Tidak hanya Kapolres AKBP Kurnia, Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan, SH, MH juga ikut membantu melakukan pemadaman Karhutla di kabupaten termuda di Riau.

Kapolres AKBP Kurnia menjelaskan bahwa hingga saat ini luas lahan yang terbakar di Desa Repan dan Penyagun diperkirakan telah mencapai sekitar 50 hektare, kemudian di Desa Gayung Kiri sekitar 8,7 hektare, dan di Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir diperkirakan sekitar 25 hektare.

“Sampai saat ini, kami dari Polres Kepulauan Meranti bersama tim dari BPBD, TNI, dan masyarakat masih berada di lokasi titik api dan masih berjibaku untuk memadamkan api,” ungkap AKBP Kurnia, Senin (25/3/2024).

Untuk itu, orang nomor satu di jajaran Polres Kepulauan Meranti itu tidak bosan-bosannya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Meranti untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Kepada masyarakat Kepulauan Meranti jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar dan jangan melakukan aktivitas membakar mengingat kondisi cuaca sangat panas, dan sangat berpotensi terjadinya kebakaran,” pesannya.

Sementara itu, dari informasi personel piket Pelayanan polsek Rangsang yang melaksanakan kegiatan pengecekan titik Hotspot di wilayah Kecamatan Rangsang pada dashboard lancang kuning hari ini.

Kapolsek Rangsang Ipda Anton Hilman, SH, MH menyampaikan terdapat 45 titik hotspot di wilayah hukum Polsek Rangsang, informasi ini diperoleh dari personil piket pelayanan Polsek Rangsang yang melaksanakan kegiatan pengecekan titik hotspot di wilayah Kecamatan Rangsang pada dashboard lancang kuning.

“Pada hari ini dalam pantauan tim terdapat 45 titik hotspot, diantaranya, 39 titik berada di dua desa yaitu di Desa Repan dan Penyagun Kecamatan Rangsang, 5 titik berada di Desa Gayung Kiri, Kecamatan Rangsang, dan 1 titiknya terpantau di Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir,” ungkapnya seperti dilansir mediacenterriau. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News