free website hit counter

Terkuak! Ini Golongan Darah yang Paling Rentan-Kebal COVID-19

Potret24.com – Para ahli masih terus melakuan berbagai penelitian untuk membuktikan keterkaitan antara COVID-19 dengan golongan darah. Ini dilakukan untuk membuktikan kelompok golongan darah yang berisiko dan ‘kebal’ terhadap virus Corona.

Untuk mengetahuinya, para peneliti di Inggris melakukan studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Genetics pada 3 Maret 2022. Studi itu menganalisis lebih dari 3.000 protein untuk mengetahui penyebab seseorang mengalami penyakit yang parah akibat COVID-19.

Hasilnya, ditemukan enam protein yang menyebabkan infeksi COVID-19 yang lebih parah dan delapan protein berkontribusi untuk melindungi tubuh dari dampak parah virus Corona.

“Kami menggunakan pendekatan genetik murni untuk menyelidiki sejumlah besar protein darah dan menetapkan beberapa memiliki hubungan sebab-akibat terkait perkembangan COVID-19 yang parah,” kata rekan penulis studi Alish Palmos dari King’s College London, dikutip dari Livemint, Senin (7/3/2022).

Selain itu, peneliti menemukan bahwa golongan darah juga berperan penting dalam pengembangan penyakit parah saat terinfeksi COVID-19. Ternyata, ditemukan bahwa proporsi golongan darah A lebih berisiko terinfeksi Corona.

“Enzim (ABO) membantu menentukan golongan darah seseorang dan hasil penelitian menemukan hubungan antara enzim dengan risiko rawat inap, kebutuhan bantuan alat pernapasan dan risiko kematian,” ungkap rekan penulis studi Christopher Hubel dari King’s College London.

Penelitian lain dalam Journal of Epidemiology and Global Health yang dipublikasikan Springerlink pada 3 Januari 2022 lalu menemukan kaitan antara ‘kekebalan’ seseorang pada COVID-19 berdasarkan golongan darahnya.

Ini artinya, seseorang dengan golongan darah tertentu mungkin bisa lebih ‘kebal’ terhadap infeksi COVID-19. Untuk membuktikannya, dilakukan penelitian yang melibatkan 370 pasien Corona di Arab Saudi dengan golongan darah yang berbeda.

Dari beberapa jurnal dan artikel yang dipublikasi, disebutkan bahwa golongan darah A berisiko tinggi terinfeksi COVID-19. Namun, penelitian di Arab Saudi ini menemukan hasil yang berbeda.

“Artikel melaporkan pengamatan yang bertentangan, menunjukan bahwa individu dengan golongan darah tipe B lebih rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 daripada tipe A,” tulis jurnal tersebut, dikutip Selasa (8/3/2022).

Pada penelitian itu, disebutkan bahwa orang dengan golongan darah tipe B dan AB berisiko tinggi terinfeksi COVID-19. Sementara untuk golongan darah tipe O lebih kecil kemungkinannya.

“Sedangkan individu tipe O lebih kecil kemungkinannya terpapar COVID-19,” lanjutnya.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa golongan darah tipe O lebih rendah risikonya terinfeksi dan cukup terlindungi jika terinfeksi COVID-19 atau tidak mengalami gejala yang berat.

Sementara untuk golongan darah tipe B, risiko infeksinya lebih tinggi, tetapi gejalanya masih terbilang ringan. Meski begitu, para peneliti masih memerlukan sampel yang lebih besar untuk membuktikan dan memvalidasi temuan ini. (detik)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks