Selandia Baru Lockdown Negara Gara-gara Satu Kasus Covid - Cerdas - Kritik - Tajam

Selandia Baru Lockdown Negara Gara-gara Satu Kasus Covid

PM Selandia Baru Jacinda Ardern

Potret24.com, Jakarta – Selandia Baru memutuskan untuk menerapkan lockdown di seluruh negara setelah mendeteksi satu kasus Covid-19 baru pada Selasa (17/8/2021).

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengumumkan bahwa lockdown bakal berlaku di seluruh negeri selama tiga hari mulai Rabu (18/8).

Sementara itu, lockdown di Auckland dan Coromandel akan berlaku selama tujuh hari karena pasien Covid-19 yang terdeteksi itu sempat menghabiskan waktu di kedua daerah tersebut.

Sebagaimana dilansir Reuters, Ardern menyatakan bahwa pemerintah akan memberlakukan lockdown paling ketat, yaitu level 4. Menurutnya, pemerintah harus langsung menerapkan lockdown ketat meski baru mendeteksi satu kasus Covid-19.

“Hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk keluar dari masalah ini secepat mungkin adalah menerapkan kebijakan yang keras. Kami memutuskan lebih baik menerapkan aturan langsung ketat, baru dilonggarkan, daripada virus keburu menyebar dengan cepat,” tutur Ardern.

Ardern kemudian menjelaskan bahwa pihak berwenang menduga pasien Covid-19 yang terdeteksi tersebut kemungkinan terinfeksi virus corona varian Delta.

Pemerintah Selandia Baru pun tak mau ambil risiko mengingat varian tersebut disebut-sebut lebih cepat menular. Menurut Ardern, lockdown merupakan cara terampuh untuk menghindari penularan lebih jauh.

Di bawah aturan lockdown ini, seluruh sekolah, pusat bisnis, dan kantor-kantor akan tutup. Hanya layanan esensial yang boleh beroperasi.

Tak lama setelah pengumuman tersebut, warga Selandia Baru terpantau langsung membanjiri pasar-pasar swalayan untuk menyiapkan kebutuhan sehari-hari selama lockdown.

Selama ini, Selandia Baru sendiri dianggap sebagai salah satu negara yang berhasil menangani pandemi Covid-19 dengan baik. Saat mendeteksi kasus pertama Covid pada tahun lalu, mereka langsung menutup semua perbatasan negara dan menerapkan lockdown ketat.

Hingga akhirnya, Selandia Baru tak melaporkan satu pun kasus Covid-19. Selandia Baru terakhir kali mencatat kasus baru Covid-19 pada Februari lalu.

Sejauh ini, Selandia Baru melaporkan total sekitar 2.500 kasus Covid-19 dengan 26 kematian sejak pandemi melanda dunia tahun lalu. (gr)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks