RS BP Batam Galakan Program Menuju Green Hospital - Cerdas - Kritik - Tajam

RS BP Batam Galakan Program Menuju Green Hospital

Potret24.com, Batam- Rumah Sakit (RS) sebagai fasilitas umum yang beroperasi 24 jam sehari. Sehingga kegiatan inipun menghasilkan sejumlah limbah. Bahkan, demikian berpotensi besar menurunkan kualitas lingkungan, dan juga kesehatan masyarakat. Maka disikap RS BP Batam canangkan Menuju Green Hospital.

Bahkan sebagai komitmenya dari pihak RS BP Batam yang menjaga kelestarian lingkungan hidup dan juga memberikan sumbangsih yang baik untuk pelayanan ramah lingkungan.

Ada ruangan lingkup implementasinya Green Hospital RS BP Batam ini, adalah seluruh area meliputi gedung sekitarnya.

Anggota Bidang Pengusahaan dari BP Batam, Syahril Japarin merespon positif yang dilakukan jajaran RS BP Batam itu dengan mencanangkan gerakan RS BP Batam Menuju Green Hospital.

Katanya, tentu akan sangat mendukung rencana besar untuk menjadikan RS BP Batam sebagai bagiannya dari KEK Kesehatan yang saat ini tengah disiapkan oleh BP Batam.

Dia juga mengatakan, pihaknya saat ini sedang bersiap diri secara administrasi dan fasilitas untuk menjadikan Batam sebagai destinas rujukan masyarakat Indonesia dan negara tetangga untuk melakukan perawatan medis.

“Saat ini BP Batam sedang persiap infrastruktur RS berupa peralatan yang akan diimpor dari luar negeri. Tenaga medisnya juga akan kami tingkatkan, agar pelayanan yang diberikan untuk masyarakat lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RS BP Batam, dr. Afdhalun A. Hakim mengatakan, tujuan penerapan prinsip ramah lingkungan di rumah sakit ini, antara lain melindungi kesehatan para penghuni gedung dan masyarakat sekitar, serta melaksanakan tindakan pencegahan akibat meningkat angka kesakitan dan kematian.

“Selain itu juga akan dilakukan efisiensi penggunaan sumber daya rumah sakit dan berkonstribusi didalam kendalikan serta mencegah dampak negatif dari perubahan iklim dan pemanasan global,” ujar Afdhalun.

Maka dalam menunjang gerakan Green Hospital tersebut, kata dia, pihaknya beserta tim ini menyusun beberapa kampanye. Salah satunya itu, adalah kampanye hemat air pada setiap hari Jumat. Perawat juga diberikan Pin Green Hospital. (iwan)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks