Polri Gandeng Preman Pasar Disiplinkan Penggunaan Masker - Cerdas - Kritik - Tajam

Polri Gandeng Preman Pasar Disiplinkan Penggunaan Masker

Potret24.com, Jakarta – TNI-Polri hingga Satpol PP DKI Jakarta menggelar operasi yustisi dalam pendisiplinan penggunaan masker di masyarakat. Dalam kegiatan ini, Polri menggandeng preman pasar untuk ikut mendisiplinkan warga di lingkungan pasar.

Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono mengatakan pelibatan preman pasar ini tentunya dengan pengarahan dan pengawasan dari aparat penegak hukum. Preman diminta bersikap humanistis dalam mendisiplinkan warga.

“Kita juga berharap penegak disiplin internal di klaster-klaster pasar. Di situ kan ada jeger-jegernya (preman, red). Kita jadikan penegak disiplin tapi tetap diarahkan oleh TNI-Polri dengan cara-cara humanis,” kata Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/09/2020).

Lebih lanjut, Wakapolri mengatakan operasi yustisi digelar mulai hari ini. Selain TNI-Polri, Satpol PP dilibatkan dalam upaya pendisiplinan penggunaan masker.

Operasi yustisi dilakukan di lingkungan yang menjadi klaster Corona, seperti di pasar dan perkantoran.

“Tentunya juga kita meminta kepada pemerintah daerah klaster mana yang rawan seperti pasar dan perkantoran dan sebagainya kita akan jaga di sana. Kita akan ada TNI-Polri di sana, ada Satpol PP juga. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penularan di klaster-klaster tersebut. Jadi, mungkin jangan kaget kalau ada polisi, ada TNI, ada Satpol PP. Tujuan kita bukan untuk represif,” imbuh Gatot.

Jenderal bintang tiga itu juga mengatakan TNI-Polri bersama Satgas COVID-19 serta KPU akan membagikan total 34 juta lebih masker ke seluruh Indonesia. Hal itu sebagai bagian kampanye jaga jarak untuk menghindari kerumunan dalam rangka Operasi Yustisi dan Pilkada 2020 aman dan sehat.

“Total masker yang secara simbolik akan dibagikan di seluruh Indonesia ada sejumlah 34.355.302 masker. Nanti akan dibagikan secara serentak di seluruh Indonesia,” pungkas Gatot. (gr)

X
%d blogger menyukai ini: