free website hit counter

Polhut Riau Tangkap Alat Berat di Areal HPK

Potret24.com- Keseriusan dari instansi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, dalam hal tegakan aturan terhadap perambah hutan. Hal ini dibuktikan dengan menangkap atau sita alat berat, di Desa Sanglap, Kecamatan Batang Cenaku.

Diketahui, penangkapan satu unit alat berat jenis Eksapator dilakukan dua hari lalu, tepatnya di dalam kawasan Hutan Produksi Konvesi (HPK) daerah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). Hal alat berat ini dititip di perkantoran TNBT di Pematang Reba, dan juga selanjutnya untuk mengetahui pemiliknya.

Terkait informasi adanya penangkapan ini dibenarkan salah satu petugas TNBT yang minta namanya tak dipublikasikan, Kamis (30/6/2022). Ia pun mengatakan, ada penangkapanya satu unit alat berat dua hari lalu jenis Eksapator warna oren diangkut Tim Polisi Kehutanan (Polhut) di DLHK Provinsi Riau, serta Kesatuan Pengawasan Hutan (KPH) Indragiri, dan dibantu petugas Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

“Benar ada penangkapan satu unit alat berat, pada dua hari lalu jenis Eksapator warna oren yang diangkut tim,” katanya.
Ia juga mengungkapkan, hal ini tentunya untuk mengusut tuntas dari otak pelaku perambah hutan yang terjadi di wilayah Desa Sanglap tersebut. Pasalnya, areal HPK itu, gundul akibat adanya alat berat digunakan pelaku yang melawan hukum sesuai ketentuan UU berlaku.

Dikatakan dia, alat berat yang disita itu dititip Perkantoran TNBT di Pematang Reba. Ditanyakan siapa merupa pemilik dari alat berat tersebut ? Petugas TNBT ini mengatakan, untuk hal siapa pemilik dari alat berat itu, sebaiknya ditanyakan langsung ke pihak KPH Indragiri atau ke Polhut di DLHK Provinsi Riau. Karena itu kewenangan mereka menjelaskan.

Terkait kejelasan dari pemilik alat berat ini, dikonfirmasi pada Kasat Polhut Riau Ngadiyana membenarkan penangkapan itu. Katanya, satu unit alat berat itu yang ditangkap dari wilayah Sanglap, dimana untuk saat ini juga didapatkan informasi itu milik inisial CR. “Untuk pemeriksaan, terungkap pemilik alat berat yang disita itu berinisial CR,” katanya singkat. (Fra)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks