22 Juli 2024

Rumah warga yang terkena longsor. (Foto: net)

PEKANBARU – Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto besok, Jumat (12/7/2024) akan meninjau sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam di Tembilahan, Kabupaten Indragiri (Inhil).

Pj Gubri menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyiapkan bantuan logistik dan Sembako untuk korban bencana alam abrasi.

Di mana bencana tersebut terjadi di Jalan Gerilia Parit 6, Kelurahan Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu pada, Senin (8/7/2024) lalu, sekitar pukul 13.30 WIB. Akibat bencana itu sejumlah rumah warga terjun di bawah arus sungai.

“Saya sudah minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyiapkan bantuan logistik dan Dinas Sosial Riau siapkan Sembako untuk korban bencana abrasi di Tembilahan, Inhil,” kata Pj Gubri, Kamis (11/7/2024).

Selain itu, Pj Gubri juga meminta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau untuk gerak cepat mengecek langsung kondisi jalan rusak akibat terdampak abrasi.

“Termasuk rumah warga yang hangut ke sungai itu cepat dicarikan solusi. Kasian warga kita yang terdampak tidak memiliki rumah,” pintanya seperti dilansir mediacenterriau.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Riau M Edy Afrizal mengatakan, jika pihaknya telah mendapat instruksi Pj Gubernur Riau menyiapkan logistik untuk bantuan korban bencana abrasi.

“Logistik sudah kami siapkan. Termasuk Sembako dan lainnya juga sudah kita koordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM,”

“Kemudian, kita juga sudah koordinasi dengan Dinas PUPR terkait rumah warga terdampak abrasi, termasuk terkait jalan rusak terkena abrasi juga sudah kita sampaikan ke Dinas PUPR,” tukasnya. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News