13 April 2024

Ruas Jalan Lintas Rengat-Tembilahan di Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Jaya Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang amblas. (foto: cakaplah)

PEKANBARU – Masalah jalan amblas masih terjadi di Provinsi Riau, apalagi saat intensitas hujan tinggi. Seperti ruas Jalan Lintas Rengat-Tembilahan tepatnya di Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Jaya Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang amblas beberapa hari lalu.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Riau Sugeng Pranoto mengatakan, ruas jalan yang amblas itu berada cukup dekat dengan aliran sungai. Sehingga, agar masalah jalan amblas itu tidak terus berulang, selain lakukan perbaikan badan jalan, pemerintah juga harus memperkuat turap.

“Sebelah bahu jalan itu berbatasan dengan Sungai Besar, Sungai Indragiri. Itu harus diperkuat turap di pinggir sungai. Jangan sampai tanah yang ada di sekitar bahu jalan tergerus atau abrasi. Itu yang selalu terjadi selama ini,” kata Sugeng, Senin (11/09/2023).

Dilansir cakaplah.com, Jalan Lintas Rengat – Tembilahan, tepatnya di Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau amblas akibat tergerus air sungai.

Badan jalan yang terkena abrasi tersebut berubah menjadi kolam. Kendaraan yang melintas pun hanya bisa dilewati mobil. Sementara sepeda motor terpaksa harus mengambil sisi kiri jalan yang tersisa.

Jalan lintas Rengat – Tembilahan merupakan jalan provinsi dan menjadi tanggungjawab Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah IV Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau. (p24)

Print Friendly, PDF & Email

Related News