15 Juni 2024

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian/pekanbaru.go.id.

Potret24.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menganggarkan Rp3,3 Miliar pada tahun 2023 untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian menyebutkan, pihaknya telah membuat rancangan anggaran untuk mendukung Pilkada tahun 2024.

“Tahun 2023 ini sudah dianggarkan, dukungan anggaran untuk penyelenggaraan pemilu. Kita sudah masukan di RKA 2023. Ini untuk KPU dan Bawaslu,” ujar Zulfahmi Adrian, Jumat (28/10) dilansir dari pekanbaru.go.id.

Menurutnya, dari jumlah tersebut terbagi untuk Bawaslu sebesar Rp3 Miliar dan sisanya Rp300 juta untuk KPU Pekanbaru. Sementara total anggaran yang dibutuhkan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 mencapai Rp100 Miliar.

“Tapi memang lebih banyak anggaran yang diperlukan KPU pada tahun 2024. Jadi anggaran terbesar itu akan diserap pada 2024,” jelasnya.

Ia menuturkan, berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, diminta pemerintah daerah mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Maka Pemerintah Kota Pekanbaru telah menindaklanjuti surat tersebut. Mereka (KPU dan Bawaslu) telah kita minta menyampaikan kebutuhan anggaran untuk menunjang pelaksanaan Pilkada,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related News