Pemkab Rohul Tentukan Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2020 - Cerdas - Kritik - Tajam

Pemkab Rohul Tentukan Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2020

Potret24.com, Pasirpengarayan- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  telah menetapkan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Rohul tahun 2020. Arah pembangunan itu mengacu kepada visi dan misi Bupati Rokan Hulu Periode Tahun 2016 – 2021 dengan tetap berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025. 
 
Sebagaimana tema pembangunan daerah tahun 2020 yakni mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.  
 
Bupati Rohul, Sukiman mengatakan, 
Empat  program prioritas pembangunan tahun 2020 yang direncanakan Pemkab Rohul, sangat dibutuhkan masyarakat. Diantaranya peningkatan infrastruktur dasar, penguatan pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan sektor industri kecil menengah dan pariwisata serta pemantapan kualitas SDM, pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan.
 
“Kami berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohul, dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD ) tahun 2020, mengacu kepada 4 program prioritas tersebut. Sehingga proses pembangunan  daerah terarah dan hasil pembangunan tersebut dapat dinikmati seluruh masyarakat Rohul,” kata bupati, Kamis (4/4/2019).
 
Dijelaskan, perencanaan program pembangunan tahun 2020, pemerintah daerah lebih memprioritaskan pembangunan yang memberikan multiefek untuk kepentingan masyarakat Rohul. “Disamping prioritas,  pembangunan daerah harus terintegrasi dengan agenda prioritas nasional untuk itu perlu penyelarasan prioritas pembangunan daerah dengan prioritas pembangunan nasional tahun 2020,” tutur Sukiman.
 
Program prioritas untuk perencanaan pembangunan tahun 2020 mendatang, oleh OPD harus melakukan sinergitas program dengan Pemerintah Provinsi dan pusat. “Sehingga dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, diharapkan 4 program prioritas pembangunan Rohul tahun 2020 yang telah ditetapkan dalam tahun ini, dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan,” ujar orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk ini.
Diakui dalam pelaksanaan pembangunan Pemkab Rohul tetap butuh dukungan anggaran dari APBD Provinsi Riau dan APBN. Karena beban tugas yang akan dihadapi kedepan semakin berat. Disamping akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan serta beban anggaran yang semakin besar.
 
Diakui Sukiman, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Maka itu, OPD untuk dapat menyiapkan perencanaan dan program pembangunan serta menjalankan dengan sungguh-sungguh. 
 
“Sehingga capaian kinerja pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu setiap tahunnya dapat menunjukkan hasil yang memuaskan di tengah masyarakat di Negeri Seribu Suluk,” harap bupati. (Adv/Pemkab Rohul)
Print Friendly, PDF & Email
X
%d blogger menyukai ini: