free website hit counter

Pemkab Rohul Gelar Tepuk Tepung Tawar Untuk 24 Calon Jamaah Haji

Posesi Tepung Tawar yang dilaksanakan Oleh Bupati Rohul, H. Sukiman terhdapap 24 CJH yang hadir

Rokan Hulu – Pemerintah Kabupaten Rohul Gelar Tepung Tawar jelang keberangkatan Calon Jama’ah Haji (CJH) Wilayah Kabupaten Rokan Hulu menuju tanah suci. Senin pagi, (13/06/2022) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.

Tradisi tepung tawar merupakan bagian dari upacara adat melayu yang dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur untuk keberangkatan calon jamaah haji.

Hal ini digelar usai melaksanakan manasik haji.

Posesi tepung tawar dimulai dari penaburan beras kuning oleh Bupati Rokan Hulu kepada Calon Jamaah Haji, dilanjutkan dengan tepuk air limau, dan pengolesan tepung berwarna lambang adat melayu yakni merah, kuning, hijau dan hitam ditelapak tangan CJH.

Kemudian setelah dilaksanakannya tepuk tepung tawar, Pemkab Rohul serahkan cendramata kepada 24 CJH dari 27 CJH yang akan diberangkatkan hari ini.

Foto Bersama Usai Pelaksaan Tepuk Tepung tawar

Erpan Dedi Sanjaya, S. STP, Plt.BKPP Rokan Hulu bertindak selaku panitia pelaksana kegiatan Tepuk Tepung Tawar, menjelaskan kegiatan ini sudah 2 tahun belakangan tidak dilaksanakan. Pasalnya, wabah Covid-19 yang membuat penundaan keberangkatan Haji dari Republik Indonesia untuk tahun 2020/2021.

Dalam kesempatan ini Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman berpesan kepada 24 CJH yang hadir untuk fokus menunaikan ibadah haji dan memperbanyak amalan selama ditanah suci.

Sukiman juga mendoakan agar CJH yang berangkat hari ini selamat pulang-pergi, serta menjadi Haji yang Mabrur dan Hajjah yang Mabrurroh.

Kegiatan ini ditutup dengan tausyiah, sebagai bekal penguatan rohani bagi CJH yang akan berangkat. (adventorial)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks