19 April 2024

Potret24.com, Jakarta– Pemerintah hari ini mulai melakukan rapid test massal untuk virus Corona (COVID-19). Rapid test diprioritaskan untuk daerah rawan persebaran virus Corona sesuai dengan hasil pemetaan.

“Hari ini pemerintah telah mulai untuk melakukan rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinfeksi COVID-19 ataukah tidak,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers seperti disiarkan akun YouTube Setneg, Jumat (20/3/2020).

Jokowi mengatakan pemerintah memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi rawan terinfeksi COVID-19. Tes akan dilakukan dari rumah ke rumah dan salah satu wilayah yang menjadi prioritas menurut Jokowi adalah Jakarta Selatan.

“Rapid test sudah dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracking dari pasien-pasien positif sehingga dari situlah didatangi dari rumah ke rumah untuk dites,” ujar Jokowi.

“Jadi memang ada prioritas dan kita memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan. Di Jakarta Selatan,” lanjutnya.

Jokowi: Kapasitas RS Rujukan yang Tangani Corona Akan Ditingkatkan

Selain itu, Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan desentralisasi pemeriksaan di laboratorium di daerah. Laboratorium di daerah kini bisa melakukan uji atau tes untuk Corona.

“Selain itu, pemerintah telah memutuskan untuk melakukan desentralisasi tes yang memberikan kewenangan kepada laboratorium-laboratorium yang telah ditunjuk oleh Kemenkes,” turunya. (dtk)

Print Friendly, PDF & Email

Related News