13 April 2024

Mess Pemprov Riau di Jakarta. (Foto: net)

PEKANBARU – Politisi Partai Demokrat DPRD Riau Manahara Napitupulu mengatakan, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membangun hotel di kawasan Slipi Jakarta sah-sah saja. Akan tetapi sepengetahuannya ada mess Provinsi Riau di sana.

“Kalau bagi kita demi efisiensi kenapa tidak bagus-bagus saja. Tapi selama ini mess provinsi yang ada di sana penggunaannya itu yah bukan saja para pejabat. Tapi bagi masyarakat, organisasi, bisa menggunakan itu dan ada Perdanya,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan untuk mess Pemprov Riau di Jakarta, ada anggaran setiap tahun. Dan ada pejabat yang khusus mengurus mess tersebut.

“Jadi kalau membangun hotel di sana untuk tempat tinggal pejabat di sana tidak mungkinlah. Karena semua pemangku kepentingan ini, bukan hanya Jakarta saja. Apalagi IKN di Kalimantan. Dibangun juga lagi nanti di sana. Kan ndak itu aja kerja kita. Itu pemborosan namanya,” ujar dia mempertanyakan.

Makanya kata anggota Komisi IV DPRD Riau itu, ada bangunan, ada pejabatnya, ada perawatannya. Jadi pemborosan juga jadinya.

Ketika ditanya apakah Pemprov Riau sejauh ini sudah ada rencana membangun mess Pemprov Riau di IKN. Menjawab hal itu Manahara mengatakan, sampai sekarang belum terpikirkan ke situ.

Manahara pun menyarankan agar mess Pemprov Riau yang ada di Jakarta diservis, direnovasi. Sehingga mess tersebut sesuai dengan kepentingan saat ini dan nyaman.

Ketika disinggung mengenai pengadaan tempat tidur atau dipan, kursi dan meja sofa serta bola lampu sebanyak 2.730 unit, untuk Pj Gubernur Riau SF Harianto oleh Biro Setdaprov Riau yang nilainya ratusan juta rupiah, anggota Banggar DPRD Riau itu mengatakan, kalau dalam Banggar itu tidak sedetail itu.

“Anggaran untuk Setdaprov itu di Banggar tidak detail. Entah kalau di komisi,” ujarnya.

Seperti dikutip cakaplah.com, Pemprov Riau berencana membangun hotel di Mess Provinsi Riau, Jalan Brigjen Katamso.

Rencana pembangunan hotel tersebut diketahui sudah diwacanakan empat Gubernur Riau sebelumnya. Namun rencana itu tidak terwujud.

Sementara di sisi lain, kondisi mess Riau saat ini semakin memprihatinkan. Selain tak terurus, tak pernah lagi menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

“Rencana pembangunan Hotel Pemprov Riau ini di Jakarta, tepatnya di daerah Slipi, Jakarta Barat. Ini sudah lama direncanakan, tetapi sudah berapa gubernur hal ini tidak pernah jadi,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, Kamis (28/3/24). (fin)

Print Friendly, PDF & Email

Related News