Muhammad Rudi Sebut Hang Nadim dan Batuampar Diyakini Dongkrak Ekonomi - Cerdas - Kritik - Tajam

Muhammad Rudi Sebut Hang Nadim dan Batuampar Diyakini Dongkrak Ekonomi

Potret24.com, Batam – Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 41 tahun 2021, diharapkan Batuampar dan Hang Nadim semakin bergairah sebagaimana hal pergerakan ekonomi ditahun 1980-an. Maka, disikapi Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan Grand Design pembangunan dan serta pengelolaan pelabuhan kontainer.

Optimisme itu disampaikan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dihari Kamis (06/05/2021) di Gedung Bida Marketing, BP Batam.

Katanya optimismenya atas pengembangan pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim. Tidak hanya dua lokasi hub Logistik itu, namun juga pembangunan fasilitas pendukung.

“Jika PP No 41 2021 berlaku, makanya semua perijinan di BP Batam. Untuk di Pelabuhan Batuampar, serta di Bandara Hang Nadim akan bergairah,” kata Rudi optimis.

Ia juga menyampaikan, PP No 41 berlaku, maka berbagai barang akan mudah masuk Batam. Diyakini, Batam akan menuju era kebangkitan seperti di tahun 80-an.

Momen ini ungkap dia, jangan disia-sia. Makanya kalau semua dari barang bisa masuk, para kuliner akan banyak datang ke Batam. Rudi berharap, sesuai aturan baru, maka 67 perijinan sudah diberikan di BP Batam. Dan investasi ini, semakin banyak masuk ke Batam. Perizinan akan dimudahkan dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Namun, dibutuhkan kesiapan tenaga pegawai di PTSP.

“Kita sedang mempersiapkan perijinan di PTSP semua. Kalau di PTSP, semua ditandatangani direktor atau eselon II. Artinya disana dengan OSS, sehingga kemudahan dalam berinvestasi tentu membangkitkan ekonomi kita,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sebutnya, juga tenaga di Pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim juga harus siap. Dimana, nantinya diyakini akan banyak barang masuk kawasan ini.

Demikian dengan Bandara Hang Nadim akan dibangun konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero), Incheon International Airport Corporation (IIAC), dan juga PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Dimana konsorsium yang akan mengelola Hang Nadim dan membangun terminal II di bandara.

“Kalau terminal selesai, maka akan kita bangun Mall serta Hotel dekat bandara. Kalau (penumpang) itu, sudah 20 juta/ tahun, ini kita siapkan tempat menginap dan belanja di bandara. Apakah mereka datang itu hanya menginap atau untuk belanja, kita siapkan nanti dua-duanya,” imbuhnya

Rudi menyebutkan jika pengembangan pembangunan itu, menjadi bagian dari pembangunan Batam jadi sebagai kota industri dan investasi. Maka itu Bandara Hang Nadim pada tahun inipun dibahas poin pembangunan akan dilakukan. Hal itu inti dari kerjasama pembangunanya terminal II. Sehingga lalulintas di Hang Nadim juga akan benahi.

“Terminal II akan dibangun, biaya dari mereka. Kita ingin, terminal II mereka bangun, dan terminal I kita bangun. Itu saya minta semua selesai 2024, masa jabatan saya berakhir disitu. Sehingga tidak meninggalkan masalah,” ujarnya. **(iwan)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks