Mau Lulus CPNS? Persiapkan 7 Hal Ini Dari Sekarang - Cerdas - Kritik - Tajam

Mau Lulus CPNS? Persiapkan 7 Hal Ini Dari Sekarang

Mau Lulus CPNS?

Potret24.com, Jakarta – Setiap pendaftar Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 tentu menginginkan lulus dalam ujian yang menentukan ada menjadi CPNS.

Informasi mengenai kapan waktu pembukaan akan diumumkan di akhir Maret 2021.

Sambil menunggu informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, anda bisa menyimak 7 hal ini sebagai tips sukses lolos CPNS 2021 sebagai berikut.

Bagi yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan mengikuti seleksinya mulai dari sekarang.

Pasalnya untuk sukses lolos dari seleksi CPNS 2021 harus bersaing dengan banyak pelamar di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, simak tips sukses lolos CPNS yang telah dirangkum berikut ini.

1. Berlatih soal-soal CPNS

Untuk sukses lolos seleksi CPNS diharuskan untuk mempersiapkan jauh-jauh hari dengan melakukan latihan soal – soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Calon peserta dapat mempelajari soal – soal CPNS terdahulu karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

2. Mengenali kisi-kisi dan materi CPNS

Selalu update mengenai kisi – kisi dan materi CPNS dari tahun sebelumnya. Materi CPNS banyak sekali dijumpai melalui buku-buku dan aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

3. Selalu update mengenai informasi Seleksi CPNS (Tahapan Seleksi dan Pendaftaran)

Selalu cek informasi seputar seleksi CPNS seperti informasi pendaftaran, pemberkasan, dan informasi formasi instansi yang diinginkan dan sesuai dengan bidang kemampuan.

Pastikan seluruh berkas valid dan tepat dalam pemilihan formasi yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih formasi yang sesuai dan berkas tidakmendukung.

4. Teliti

Saat mengerjakan soal – soal SKD dan SKB, peserta harus selalu teliti dalam mengerjakannya. Sebab banyak sekali pertanyaan – pertanyaan menjebak dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip.
Apabila tidak teliti, bisa aja hasil mengerjakan tes tidak akan maksimal.

5. Memperhatikan waktu mengerjakan

Saat mengerjakan soal tes, tidak hanya tepat dalam menjawab soal-soal, namun harus cepat. Selalu perhatikan waktu dalam mengerjakan soal tesnya.

Jangan sampai memakan waktu lama dalam mengerjakan soal dalam jenis soal tertentu yang sulit untuk dikerjakan yang menyebabkan tidak cukup waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal.

6. Mengerjakan dengan tenang

Kerjakan soal dengan tenang dan tidak gugup karena gugup akan menyebabkan hilangnya konsentrasi yang mengakibatkan mengerjakan soal tidak maksimal

7. Pahami kondisi lokasi tes

Datang lebih awal ke lokasi tes CPNS dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena kemacetan, tersesat menuju lokasi, dan kendala terhadap kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi.

Datang lebih awal agar kondisi lebih tenang dan akan lebih siap untuk mengerjakan seluruh soal tes CPNS. (gr)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks