Marwan Yohanis Kembali Interupsi Rapat Paripurna Secara Virtual - Cerdas - Kritik - Tajam

Marwan Yohanis Kembali Interupsi Rapat Paripurna Secara Virtual

Potret24.com- Sama halnya dengan rapat paripurna pada Senin (22/11/21) lalu, pelaksanaan rapat paripurna secara virtual kembali menuai interupsi dari anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis.

Ia mengatakan, dengan status level 1 Covid-19 di kota Pekanbaru saat ini, kegiatan kedewanan bahkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah sudah mulai normal.

“Sekolah sudah dibuka, rapat-rapat di komisi sudah dilaksanakan. Kalau memang pertimbangan pandemi, ya harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Kalau misalnya kapasitas ruangan 150 orang, iya yang hadir rapat fisik 50 persen, 25 orang harus dari unsur anggota DPRD Riau,” ujarnya usai rapat paripurna, Rabu (24/11/2021).

Anggota DPRD Riau dari fraksi Gerindra itu mengakui sudah mengetahui mekanisme rapat. Namun demikian, Marwan meragukan keabsahan rapat karena anggota dewan yang hadir secara virtual, cenderung pasif dan tidak bersuara.

Menurutnya, kehadiran anggota dewan secara fisik sangat penting. Alasannya, ada kepala dinas atau yang mewakili mendengarkan hasil keputusan rapat tersebut. Sehingga, tidak ada lagi kekhawatiran bahwa rapat itu cacat hukum, tukasnya.

“Sekarang kita tidak tahu apakah yang hadir secara virtual setuju atau tidak karena tidak bisa bicara. Kalau sekedar kuorum, iya kuorum. Yang saya pertanyakan, dasar pimpinan memutuskan rapat bisa dihadiri virtual itu apa,” tanya anggota DPRD Riau yang dikenal cukup vokal tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto menjawab interupsi Marwan pada rapat paripurna mengatakan bahwa semua anggota diberikan kebebasan untuk menghadiri rapat, baik secara virtual atau fisik.

“Bagi yang hadir virtual tetap akan diakomodir hak bersuaranya dengan menghubungi admin atau pimpinan rapat,” ujarnya.

Mekanisme rapat seperti ini, lanjut Hardianto, merupakan hasil keputusan rapat pimpinan yang diwakilkan oleh masing-masing Ketua fraksi di DPRD Riau. (fin)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks