13 April 2024

Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan. (Foto: Rizkydetik)

JAKARTA – Kebakaran dan ledakan terjadi di Gudang Peluru milik Kodam Jaya di Kawasan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Kota Bekasi. Pangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasan mengatakan hingga saat ini tidak ada korban.

“Kami sudah mengecek seluruh lokasi, satu kilo ke depan ke arah pemukiman tidak ada korban jiwa. Perlu kami tegaskan tidak ada korban jiwa,” kata Hasan kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Hasan menuturkan sampai saat ini masih ada kerawanan akan adanya ledakan. Dia menyebut belum dapat langsung datang ke lokasi.

“Walaupun saat ini kami tidak bisa masuk lagsung ke lokasi karena masih ada kerawanan ledakan kecil,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) menyatakan gudang peluru atau gudang amunisi yang terbakar adalah miliknya. Gudang peluru tersebut adalah milik Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) yang punya wilayah meliputi DKI Jakarta.

“Jadi memang kita konfirmasi telah terjadi kebakaran Gudang Amunisi Daerah Kodam Jaya,” kata Kadispenad, Brigjen Kristomei Sianturi, kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Lokasi persis Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) itu ada di Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor. Warga setempat kini sedang dievakuasi menjauh dari lokasi gudang peluru yang terbakar.

“Warga sekitar sudah kita evakuasi, dengan berkoordinasi dengan desa, RT/RW, dan Babinsa setemapt, berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, serta instansi-instansi terkait, untuk membantu mengevakuasi mengamankan masyarakat setempat ke tempat yagn lebih aman,” kata Kristomei seperti dilansir detikcom.

Saat ini, para personel Damkar sudah berada di lokasi. Sementara, mereka melindungi permukiman warga setempat supaya tidak ikut terdampak ledakan ini. Potensi ledakan masih ada karena objek yang terbakar adalah gudang amunisi alias gudang peluru. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News