Launching Online PPDB SMAN/SMKN, Syamsuar Ingatkan Sekolah dan Disdik Transparan - Cerdas - Kritik - Tajam

Launching Online PPDB SMAN/SMKN, Syamsuar Ingatkan Sekolah dan Disdik Transparan

Launching online PPDB Tingkat SMA/SMK di Riau

Potret24.com, Pekanbaru – Gubernur Riau Syamsuar, resmi melaunching pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMAN/SMKN sederajat secara online dengan menggunakan Google Form hasil kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Riau, bersama Dinas Kominfotik, Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Universitas Lancang Kuning, Sabtu (26/6/2021) di ruang Pauh Janggi, Gubernuran Riau.

Dari arahannya Gubernur Syamsuar, meminta sekolah dan panitia menjalankan tugas sesuai aturan. Karena selama pelaksanan PPDB masih banyak persoalan yang menyebabkan kekecewaan dari masyarakat dengan sistem yang berlaku saat ini, terutama di Kota Pekanbaru. Baik dengan jalur zonasi, afirmasi, perpindahan penduduk maupuan jalur prestasi.

“Yang selalu jadi masalah hanya di Pekanbaru, selama dua tahun ini sudah paham saya karana banyaknya anak sekolah yang bermasalah. Belum seimbang jumlah anak yang tersedia, karena mau sekolah negeri, kalau swasta mahal. Kalau negeri ada dukungan Bosnas/Bosda, beberapa kota yang kemungkinan kekurangan siswa dan tidak ada masalah. Di Pekanbaru banyak masalah,” tegas Gubri.

“Jadi lakukan PPDB secara transparan, dan apa adanya, lakukan ranking sesuai apa adanya jangan dimacam-macamkan. Ombusman akan melakukan pengawasan. Jalankan secara benar transparansi, mudah-mudah tidak ada masalah. Jalankan amanah yang diberikan sesuai aturan,” tegasnya lagi.

Gubri juga menjelaskan, dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, apalagi didunia pendidikan, sudah saatnya menjalankan seluruh kegiatan dengan menggunakan teknologi termasuk pendaftaran secara online.

Dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat sekolah, mendaftar di rumah tanpa harus datang ke sekolah, apalagi dalam suasana pandemi Covid-19.

“Suasana pandemi Covid-19 masih ada di tengah kita, dalam suasana ini juga mencerdaskan kita semua agar bisa bekerja walaupun tidak ada kegiatan tatap muka, kesempatan ini juga bagaimana kemajuan teknologi orang yang pandai akan memanfaat teknologi,” ujar Gubri, Syamsuar.

“Oleh karena itu dunia pendidikan saat ini, mengajarkan kita agar menjadi orang yang cerdas dan pintar, para pendidik ini akan melahirkan putra putri terbaik untuk anak bangsa. Saat ini pemerintah melaksanakan proses pendaftaran SMA/SMK secara online. Daerah memiliki kreasi bagaimana memberikan kemudahan kepada guru dan anak didik dalam mendaftar,” kata Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram mengatakan, untuk PPDB tahun 2021 ini, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya.

Mulai dari persoalan teknis sampai sistem pendaftaran secara online dengan menggunakan Google Form. Sesuai dengan jadwal, PPDB mulai dibuka pada tanggal 28 Juni sampai dengan 3 Juli 2021.

“Untuk tahun ini diperkirakan siswa yang akan mendaftar sebanyak 115 ribu tamatan SMP/MTS, ini data yang ada dalam data kelulusan siswa. Dan kita telah mempersiapan teknis yang akan dilakukan dalam mengurai persoalan yang akan terjadi saat PPDB,” katanya.

“Sesuai dengan jadwal pelaksanaan secara online tanggal 38 Juni – 3 Juli 2021. Kepada seluruh kepala sekolah yang hadir, dari pelaksanaan ada hasil yang diharapkan berjalan lancar. Kami mengajak seluruh stakeholder terutama kepala sekolah, cabang dinas di tiap wilayah, bersinergi dan melakukan kooridnasi secara bersama,” ungkap Zul Ikram. (ckp)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks