22 Juli 2024

Potret24.com, Rokan Hulu- Keberadaan etnis jawa melalui wadah Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) di Provinsi Riau merupakan potensi besar dan ikut berkontribusi dalam Pembangunan di Provinsi Riau. Mesin organisasi ditingkat DPP IKJR Provinsi Riau kian aktif dan intens menyatukan entis jawa dan bergandengan Paguyuban dari etnis manapun untuk ikut menunjang program Pemerintah dan Pembangunan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum DPP IKJR Provinsi Riau H. Sukiman, saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 3 IKJR dan Pengukuhan DPC Ranting IKJR Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, di Gedung EHMRI KM 76 Kandis-Dumai, Sabtu (26/2/2023) malam.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Umum DPP IKJR Provinsi Riau H. Sukiman dan istri yang juga Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Wakil Bupati Siak H. Husni Merza, BBA, M.M.

Selain itu tampak juga dihadiri Pengurus DPD IKJR Rohul, Sekretaris IKJR Rohul Suparno S.Hut (Kadis DLH Rohul), Bendahara IKJR Rohul Munandar SE (Plt Kadis DPMPTSP), Kadisnakbun Rohul CH. Agung Nugroho STP, Kadis Parbud Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo.

Selain itu, Camat Kandis Said Irwan, S.E, Ketua IKJR Siak Drs. L. Budiyuwono, M.Si, Ketua IKJR Kandis Dr. Edi Haryono, S.E, M.M, Sekjen DPP IKJR Prov.Riau, M. Rofai, S.H.,M.Hum., M.Kn, Ketua DPC IKBR Kandis Jondris Pakpahan, S.H, Ketua IKMR Kec. Kandis, Irwan Tanjung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Tambah Sukiman, DPD IKJR Kabupaten Siak malam hari ini melaksanakan 2 agenda besar, yaitu peringatan HUT Ke 3 dan Pengukuhan DPC IKJR Kecamatan Kandis. Hal ini merupakan salah satu bukti eksis dan berkembangnya IKJR. Sementara itu, Pengukuhan DPC IKJR Kandis ini merupakan suatu pertanda suatu organisasi khususnya IKJR semakin berkembang dan solid.

“Selama kurun waktu 3 tahun DPC IKJR Kabupaten Siak berdasarkan pemantauan kami, ada beberapa hal yang telah dilaksanakan yang bersifat positif dan ikut memberikan sumbangsih terhadap keberadaan organisasi dan kerukunan, persatuan serta kekompakan baik antar warga IKJR maupun sesama warga paguyuban dan masyarakat umum nya di Kabupaten Siak,” akui Sukiman.

Dijelaskan Sukiman, hal tersebut dapat dilihat sesuai dengan pelaksanaan tema yang digunakan sebagai motto DPD IKJR Siak pada Raker IKJR tahun 2022 yang lalu, yang berbunyi ”Guyub Rukun sak walase” (kumpul akrab selamanya), kata-katanya singkat akan tetapi memiliki makna yang kuat untuk bersatu tanpa batas waktu yang ditujukan kepada seluruh pengurus dan anggota IKJR secara keseluruhan.

Kemudian, adanya perkumpulan antar beberapa paguyuban yang di sebut dengan Sedulur Siak, terdiri dari IKJR, Jahi maja Kuning, Maisuri dan Perkumpulan Nagapak. Dalam rangka menguatkan keberadaan IKJR di antara masyarakat lain yang berada di Kabupaten Siak ini,” ujarnya.

Jika ini berjalan dengan baik, Lanjut Sukiman, singkatan jawa yang pernah diartikan bebas jiwanya akan warisan akhlakul karimah, karena banyak warga jawa mengembangkan dan mewariskan ajaran wali songo ke Sumatera akan jadi kenyataan.

“Jika jiwa anggota IKJR sudah baik, maka akan diikuti dengan karya yang baik, sehingga memberikan manfaat dan di senangi orang banyak. Apalagi berdasarkan data penduduk suku atau etnis Jawa lebih kurang 29 % dari jumlah penduduk Siak,” ujarnya.

“Tentu akan dapat memberikan warna sekaligus sumbangsih besar dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Siak Negeri Istana ini, bukan sebaliknya menjadi beban bagi Pemkab Siak. Untuk itu jaga hubungan harmonis dengan pak bupati dan Pemkab Siak,” pungkas Sukiman.(Kominfo)

Print Friendly, PDF & Email

Related News