Kerap Bocor Dilanda Hujan, Rumah Nenek Berusia 100 Tahun Kini Berdiri Kokoh - Cerdas - Kritik - Tajam

Kerap Bocor Dilanda Hujan, Rumah Nenek Berusia 100 Tahun Kini Berdiri Kokoh

Potret24.com, Bagansiapiapi – Ibu Tumbuh berdiri didepan rumahnya di kepenghuluan Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau yang hampir rampung selesai direnovasi oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hilir melalui program bedah rumah pada hari Selasa (21/09/2021).

Rumah yang kerap bocor dilanda hujan kini sudah berdiri kokoh. Rocky Soenoko pun tidak merisaukan orang tuanya ibu Tumbuh bernama nenek Tarmi yang berusia 100 tahun itu.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Rokan Hilir, HM Rocky Soenoko,SH,Msi, mengunjungi nenek Tarmi pertama kali saat berkoordinasi dengan penghulu Raja Bejamu, Musfar.

Saat itu, penghulu meminta kepada Rocky agar memprioritaskan membedah rumah sang nenek yang ringkih dan hampir roboh.

Bak gayung bersambut, ibu Tumbuh menerima permintaah Rocky untuk membedah rumah mereka yang dianggap tidak layak huni.

Rocky pun lantas meminta konsultan untuk turun ke lokasi merenovasi rumah nenek Tarmi.

Kini rumah nenek Tarmi yang berada dipenghujung jalan setapak tengah kebun warga tampak kokoh.

Lantai dan dinding kini sudah berlantai papan tebal dan bertiang batu. Sengaja rumah didirikan tinggi mengingat dilokasi tersebut rawan banjir.

” Alhamdulillah akhirnya renovasi atau bedah rumah milik nenek Tarmi ini dapat kita selesaikan hanya dalam waktu sekitar 14 hari,” ujar Kepala Badan Pertanahan Nasional Rokan Hilir HM Rocky Soenoko,SH,Msi usai melihat kedalam rumah Tarmi yang hampir rampung diperbaiki.

Rocky mengatakan, bedah rumah nenek Tarmi merupakan bagian dari persembahan BPN Rohil berkaitan dengan peringatan hari ulang tahun ATR – BPN yang ke 61 yang jatuh pada tanggal 24 September.

Rumah nenek Tarmi selesai diperbaiki berkat kegiatan bakti sosial pegawai BPN yang menginisiasi perbaikan bagi rumah Tarmi.

Rocky bersama ibu Tumbuh anaknya nenek Tarmi akan menyerahkan kunci rumah yang selesai direnovasi pada puncak HUT BPN nanti.

Ia mengatakan, kegiatan bedah rumah itu dilakukan karena Tarmi termasuk warga kurang mampu. “Karena nenek Tarmi dan anaknya Tumbuh ini termasuk warga kurang mampu. Apalagi beliau juga tinggal sendiri di rumahnya setelah ayahnya meninggal,” ujar Rocky

Selain melaksanakan program bedah rumah, Rocky menyebutkan BPN juga membangun sumur bor buat warga guna memperoleh air bersih yang nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sini.

Nanti, mekanisme pengolahan akan kami serahkan kepada pemilik tanah untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya dengan tidak dipungut biaya. (Amr)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks