13 April 2024

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Khairunnas. (Foto: Pekanbaru.go.id)

PEKANBARU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, memastikan kapal angkutan Idulfitri 1445 H/2024 M di Pelabuhan Sungai Duku layak dioperasikan.

“Untuk kelayakan kapal, itu sudah kami periksa. Semuanya layak untuk dijadikan angkutan Lebaran,” kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala Bidang Angkutan Khairunnas, Selasa (2/4/2024).

Ia menyampaikan, nantinya ada tiga kapal yang dioperasikan untuk angkutan lebaran di antaranya Kapal Meranti, Naga Line dan Jelatik.

“Tujuannya Selat Panjang saja,” ungkap Khairunnas.

Diperkirakan, sebut dia, pada Idulfitri tahun ini akan ada lonjakan penumpang di Pelabuhan Sei Duku sekitar 10 hingga 15 persen dari hari biasa.

“Kalau sekarang memang belum (ada lonjakan). Tapi kalau dilihat waktu Natal (2023) kemarin, itu naik 10 sampai 15 persen,” ucapnya.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, lanjut Khairunnas, pihaknya telah meminta ke operator kapal agar menyiapkan angkutan darat untuk mengangkut penumpang dari Sei Duku ke Pelabuhan Buton, Siak.

“Jadi, kita minta sama operator kapal, kalau seandainya kapal tidak cukup, tolong carikan bus untuk ke Buton. Ketika ada lonjakan, penumpang bisa diangkut dan diberangkat kan dari Buton dengan ongkos yang sama,” tutupnya seperti dilansir pekanbarugoid. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News