Kadiskes Minta Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Akibat Penyebaran Covid-19 Masih Fluktuatif - Cerdas - Kritik - Tajam

Kadiskes Minta Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Akibat Penyebaran Covid-19 Masih Fluktuatif

Rapat Kadiskes Pekanbaru bersama Walikota

Potret24.com, Pekanbaru – Kadiskes Pekanbaru, Drs HM Noer, MBS, Kamis (07/01/2020) mengatakan, tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru masih fluktuatif.

“Kadang naik dan kadang juga turun. Artinya masyarakat tetap diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Kunci pencegahannya cuma itu untuk saat ini. Lebih baik kita menghindarkan ketimbang harus mengobatinya,” ujarnya kepada potret24.com, Kamis (07/01/2020).

Menurutnya lagi kunci sukses untuk menekan penyebaran Virus Covid-19 itu hanya satu. “Disiplin dan disiplin saat beraktivitas di luar rumah. Tak ada yang lain. Dengan menerapkan disiplin saat beraktivitas di luar rumah, InsyaAllah kita akan tetap terjaga dari penyebaran Virus Covid-19,” katanya menambahkan.

Menurutnya lagi tingkat penyebaran Virus Covid-19 di Kota Pekanbaru masih fluktuatif.

“Peningkatan tajam sih tidak ada. Cuma masih naik turun kisaran 70 hingga 150 kasus setiap harinya. Itu artinya masyarakat Pekanbaru masih lalai dalam mematuhi protokol kesehatan. Sekarang kita sama-sama mengingatkan demi keselamatan kita bersama,” ujarnya lagi.

Sesuai data yang dimilikinya, total konfirmasi kasus positif Covid-19 sejak Maret 2020 hingga hari ini mencapai 12.007 pasien positif. Sebanyak 231 pasien diantaranya meninggal dunia. Kemudian sebanyak 400 lebih pasien masih menjalani perawatan, dan selebihnya dinyatakan sembuh.

Dirinya menekankan perubahan perilaku masyarakat sangat penting untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru.

“Sebelum dilakukan vaksi secara menyeluruh, penerapan protokol kesehatan yang ketat merupakan cara untuk menekan tingkat penyebaran Virus Covid-19 di Kota Pekanbaru,” tegasnya lagi.

Ditegaskannya lagi, dalam waktu dekat akan dilakukan vaksinasi Covid-19 dalam pengendalian virus. Namun, tahap awal vaksinasi ini diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan covid-19.

“InsyaAllah kalau tidak ada halangan vaksinasi akan kita lakukan tanggal 14 Januari mendatang,” katanya menambahkan.

Sementara itu Sekretaris Diskes Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi menambahkan saat ini dari 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru hanya ada empat kecamatan yang masuk zona orange atau tingkat resiko penularan sedang. Diantaranya, Kecamatan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

Sementara selebihnya ada pada zona kuning atau tingkat resiko penularan rendah. Zaini berharap kasus Covid-19 di Pekanbaru bisa terus bergerak ke zona hijau bila semua masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Dari pemetaan masih ada empat kecamatan yang berada di zona orange. Namun walaupun begitu kita tetap imbau masyarakat jalankan protokol kesehatan,” jelasnya. (gr)

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks