26 April 2024

Jutaan hp dipastikan tidak bisa menggunakan WhatsApp

Potret24.com, Jakarta – Jutaan smartphone Android dikabarkan tidak akan bisa menjalan WhatsApp pada 1 Januari 2020. Alasannya WhatsApp tidak mendukung sistem operasi Android dan iOS lawas.

Melansir Independent, Rabu (30/12/2020), awal 2021 WhatsApp tak bisa beroperasi di smartphone Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) ke bawah seperti Android 3.0 Honeycomb. Pengguna iPhone iOS 9 ke bawah tidak akan bisa lagi menjalankan WhatsApp.

Disarankan pengguna smartphone untuk mengupdate sistem operasi ponsel segera atau membeli smartphone baru.

Bila tidak, maka pengguna tidak akan bisa melakukan verifikasi pada akun eksisting dan tidak bisa lagi membuka akun baru.

WhatsApp sendiri memang sudah merekomendasi penggunanya untuk melakukan pemutakhiran sistem operasi minimal ke Android Ice Cream Sandwich saat memutus dukungannya pada sistem operasi Android Gingerbread di Februari 2020.

Agar WhatsApp di ponsel tidak tiba-tiba lumpuh, ada baiknya kamu mengecek versi sistem operasi yang digunakan ponselmu.

Caranya cukup mudah. Untuk pengguna Android tinggal pilih Setting (Pengaturan) lalu klik About Phone (Tentang Ponsel). Di sini nanti akan terlihat OS semua informasi mengenai ponsel termasuk sistem operasi (OS) yang digunakan.

Bagi pengguna iPhone tinggal masuk ke General (Umum) kemudian klik About (Mengenai). Pengguna akan disuguhkan semua informasi tentang iPhone termasuk versi iOS yang digunakan.

Android Ice Cream Sandwich diluncurkan pada 2011 lalu. Saat ini Google sudah menghentikan dukungan bagi sistem operasi ini.

Rata-rata sistem operasi yang digunakan ponsel Android saat ini adalah Android Oreo (rilis 2017) ke atas. (gr)

Print Friendly, PDF & Email

Related News