22 Juli 2024

Presiden Jokowi memberikan konferensi pers usai menghadiri Festival Budaya Nasional Mozambik, Rabu (23/8/2023). (Foto: Arsip BPMI Setpres/Laily Rachev)

MOZAMBIK – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang bisa menghadiri festival budaya nasional Mozambik, Rabu (23/8/2023). Kebahagiaan itu terungkap saat Jokowi melakukan konferensi pers bersama Presiden Mozambik, Filipe Nyusi, di Maputo.

“Tadi pagi, saya senang bisa diberi kesempatan melihat keberagaman seni budaya dalam acara kebudayaan yang diselenggarakan tadi pagi,” kata Jokowi dalam konpers yang disiarkan Youtube Setpres RI.

Jokowi hadir dalam acara pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik di Lapangan Asosiasi Red Bulls, Maputo.

Ia tiba sekitar pukul 08.45 waktu setempat dan disambut Nyusi. Kedua kepala negara itu lalu berjalan bersama menuju panggung kehormatan.

Sesampainya di panggung kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara diputar. Parade kebudayaan pun dimulai. Sekitar 11 perwakilan Provinsi Mozambik turut memeriahkan acara ini. Mereka mengenakan pakaian adat secara bergantian.

Setelah parade rampung, acara berlanjut ke penampilan tarian kolosal dan tradisional. Kedua pemimpin negara ini tampak menikmati setiap penampilan di festival.

Seperti dilansir cnnindonesia, usai hadir di festival itu, Jokowi dan Nyusi melakukan pertemuan bilateral. Mereka membahas kerja sama di bidang perdagangan, investasi, kesehatan hingga pembangunan.

Kehadiran Jokowi di Mozambik merupakan rangkaian tur dia ke kawasan Afrika. Sebelum ke negara ini, dia lebih dulu mengunjungi Kenya dan Tanzania.

Jokowi juga bakal bertolak ke Afrika Selatan untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) BRICS. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News