13 April 2024

Bandara Sutan Syarif Kasim II, Pekanbaru. (Foto: net)

PEKANBARU – Menjelang Idulfitri, 1445 Hijriah, pada H-7 dan H+7 Lebaran, sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Sutan Syarif Kasim II, Pekanbaru, mulai mengajukan penambahan penerbangan dengan beberapa tujuan, baik yang berangkat maupun yang datang, tercatat 3 maskapai mengajukan extra flight.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya penambahan penerbangan. Untuk extra flight maskapai yang sudah menyatakan menambah yakni, maskapai Citilink ke Medan dan Batam. Maskapai Garuda menambah ke Cengkareng dan Lion Air dari Surabaya.

“Kami menyambut baik adanya extra fligh dari maskapai, di Bandara SSK II Pekanbaru, menjelang Lebaran. Maskapai seperti Garuda, Citilink dan Lion Air, ke beberapa tujuan, seperti dari Jakarta, Medan dan Batam,” ujar Radityo, Senin (25/3/2024).

Dijelaskan Radityo, penambahan penerbangan dari maskapai ini, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mudik. Selain itu juga untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang menjelang masuknya Idulfitri tahun 2024. Pihaknya menjamin dalam menghadapi arus mudik Lebaran dalam kondisi aman dan nyaman.

“Penambahan penerbangan ini dalam rangka untuk arus mudik dan angkutan Lebaran. Rencana pengoperasian pada H-7 dan H+7, dan penambahan penerbangan ini diharapkan bisa mengakomodir seluruh kebutuhan penerbangan selama arus mudik angkutan Lebaran,” jelas Radityo.

Untuk perkiraan trafik penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru, puncak arus mudik pada H-5 diperkirakan mencapai 96 penerbangan, dengan jumlah penumpang 12.307 penumpang, dan H+ 92 penerbangan, dengan jumlah penumpang 12.111 penumpang.

“Jadi diprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-5 dan arus balik pada H+4, untuk total penerbangan arus mudik dan arus balik diperkirakan normal 6.000 sampai 7.000 penerbangan, dan puncaknya bisa 12.000 lebih. Untuk jumlah penumpang diperkirakan bisa mencapai 126.000 penumpang,” ungkapnya seperti dilansir mediacenterriau. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News