22 Juli 2024

Petugas Wilayatul Hisbah (WH) melihat kamp penampungan imigran Rohingya kosong setelah seluruh imigran tersebut melarikan diri pada Sabtu dini hari jelang subuh dari Kompleks Kantor Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, Sabtu (1/6/2024). (Foto: ANTARA/HO-Dok Pemkab Aceh Barat/aa)

MEULABOH – Sebanyak 27 orang imigran etnis Rohingya yang tersisa di kamp penampungan sementara di Kompleks Kantor Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, dilaporkan telah melarikan diri pada Sabtu (1/6/2024) dini hari.

“Benar, semua warga etnis Rohingya yang selama ini ditampung di belakang kantor bupati semuanya telah melarikan diri,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat Azim saat dikonfirmasi ANTARA di Meulaboh, Sabtu (1/6/2024).

Sebelumnya, pada Jumat (31/5/2024), sebanyak 16 orang imigran Rohingya yang sebelumnya ditampung Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga kabur atau melarikan diri dari kamp pengungsian.

Azim mengatakan dengan kaburnya 27 orang imigran Rohingya tersebut maka saat ini tidak ada lagi para imigran tersebut di Kabupaten Aceh Barat.

Ia menyebutkan puluhan imigran tersebut melarikan diri diperkirakan pada Sabtu sekitar pukul 04.30 WIB menjelang subuh saat kawasan tersebut dilanda hujan lebat, dan petugas yang berjaga tertidur.

“Jadi, para imigran ini diketahui melarikan diri ketika petugas hendak melakukan pengecekan ke kamp dan ditemukan kamp dalam kondisi kosong,” kata Azim menambahkan.

Ia menambahkan kamp penampungan sementara yang telah kosong tersebut hanya meninggalkan beberapa pakaian milik imigran Rohingya, sementara barang lainnya telah dibawa imigran.

Azim mengatakan pihaknya telah melaporkan peristiwa tersebut ke pimpinan daerah setempat. (win)

Print Friendly, PDF & Email

Related News