Gubri Syamsuar Tegaskan Kualitas Air Minum Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat - Cerdas - Kritik - Tajam

Gubri Syamsuar Tegaskan Kualitas Air Minum Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Gubri dalam pidatonya

Potret24.com, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan bahwa air minum merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang, sehingga mempunyai peran vital terhadap kehidupan masyarakat.

Semakin berkualitas air minum yang dikonsumsi maka akan semakin meningkat pula kualitas hidup masyarakatnya.

“Kita berharap sarana penyediaan air minum dari proyek ini sudah dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat Kota Pekanbaru Selatan dan Kabupaten Kampar yang direncanakan pada tahun 2022 yang akan datang,” ungkapnya saat peresmian groundbreaking Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar Kapasitas 1.000 liter per detik di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (19/11/2020).

Gubri mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 122 tahun 2012 tentang Sistem Penyediaan Air Minum disebutkan bahwa penyelenggaraan SPAM menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.

Wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam menyelenggarakan SPAM diantaranya adalah menyusun dan menetapkan kebijakan dan strategi provinsi penyelenggaraan SPAM, melaksanakan penyelenggaraan SPAM yang bersifat khusus kepentingan strategis provinsi dan lintas kabupaten/kota serta memberikan izin kepada badan usaha untuk melakukan penyelenggaraan SPAM.

“Sementara itu saat ini untuk aksses air minum layak di Provinsi Riau berdasarkan data yang terakhir baru mencapai 77,34 persen,” jelasnya

Gubri menyadari bahwa masih banyak tugas pihaknya terutama berkaitan dengan infrastruktur air minum ini.

Ia berharap semoga dengan berhasilnya SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat kedua daerah ini. (adv)

Print Friendly, PDF & Email
X
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks