Google Chrome Update Versi 87, Fitur Performa Terbaru, Ini Penjelasaannya - Cerdas - Kritik - Tajam

Google Chrome Update Versi 87, Fitur Performa Terbaru, Ini Penjelasaannya

New Google Chrome Versi 87

Potret24.com, Jakarta- Menjelang akhir tahun 2020, peramban (browser) internet besutan Google Chrome, mendapat update besar. Pembaruan tersebut meningkatkan versi Chrome, dari 86 ke 87.

Berdasarkan keterangan resmi yang tercantum di Google Blog serta dilansir dari kompas.com, perusahaan asal Mountain View, California, AS itu mengatakan bahwa pembaruan kali ini fokus untuk meningkatkan kecepatan, performa, serta efisiensi browser Chrome.

Dengan pembaruan ini, Chrome akan memprioritaskan tab yang aktif dilihat oleh pengguna dan mengesampingkan aktivitas background pada tab yang tidak dilihat.

Alhasil, Chrome diklaim akan bisa mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 5 kali lipat, serta menghemat baterai hingga 1,25 jam lebih lama.

“Kami melakukan ini tanpa mengorbankan fitur background yang penting bagi pengguna, seperti untuk memutar musik dan mendapatkan pemberitahuan,” ungkap Matt Waddel, Direktur Produk Google Chrome.

Google juga mengklaim bahwa Chrome 87 nantinya bakal bisa dibuka 25 persen lebih cepat dibanding versi sebelumnya, serta memuat laman internet hingga 7 kali lebih ngebut dan hemat RAM, serta navigasi antar halaman (back dan forward) di Chrome 87 versi Android juga kini diklaim lebih gesit dan mulus dibanding versi sebelumnya.

Fitur penunjang efisiensi

Selain aspek performa, Google juga merilis sejumlah fitur baru yang bakal hadir di Chrome 87. Fitur ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengguna saat menggunakan peramban tersebut.

Inilah beberapa tampilan fiturnya:

  1. Fitur Tab Search yang bisa menelusuri dan mencari tab apa saja yang sedang dibuka oleh pengguna. Fitur ini terletak di sebelah paling kanan deretan tab (berbentuk ikon seperti huruf “O”) dan bisa diklik untuk membuka kolom pencarian.

  2. Fitur Chrome Actions yang memungkinkan pengguna meluncurkan beragam fungsi pengaturan melalui kotak URL Chrome yang disebut sebagai “Omnibox”. Fitur ini sejatinya merupakan shortcut untuk sejumlah pengaturan Chrome. Hanya saja perintahnya berdasarkan kata kunci (keyword).

Misalnya, apabila pengguna ingin menghapus riwayat (history) penelusuran, maka mereka cukup mengetikkan kata kunci terkait, seperti “delete my history”, di kotak Omnibox.

Setelah itu, pengguna bisa meng-klik shortcut terkait yang tampil di bawah kotak pencarian tanpa harus repot-repot meng-klik menu “Settings”.

  1. Fitur Cards di tampilan tab baru (new tab) yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengakses secara langsung beragam situs yang berkaitan dengan aktivitas penelusuran mereka.

Contohnya, apabila pengguna gemar mencari resep memasak, maka tampilan new tab bakal menampilkan sejumlah kotak pilihan berupa kartu yang berisi resep masakan rekomendasi Google, lengkap dengan ulasan dan rating-nya.

Fitur-fitur tersebut dipastikan bakal dirilis dalam beberapa waktu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog Google, Kamis (19/11).

Adapun Chrome versi 87 sendiri sudah digelontorkan secara bertahap ke beberapa platform yang didukung yakni Android, iOS, macOS, Windows, Linux, dan ChromeOS. (kom)

Print Friendly, PDF & Email
X
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks