19 April 2024

Potret24.com- Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI akan segera memiliki stasiun di Provinsi Kepri, hal itu ditandai peletakan batu pertama pembangunan oleh Sekdaprov Adi Prihantara. Dengan disaksikan Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno di Dompak, Tanjungpinang, Jum’at (27/5/2022).

Sekdaprov Adi Prihantara menyatakan, berdirinya stasiun LPP TVRI di Kepri mempermudah Pemprov di penyiaran informasi maupun persebaran kinerja dan program pemerintah. Dengan luas wilayah Provinsi Kepri dibentangkan lautan maka penyebaran informasi melalui siaran televisi menjadi jalur cepat untuk menjangkau masyarakat di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal.

Adi Prihantara menambahkan Provinsi Kepri memiliki ragam budaya dan destinasi pariwisata yang sangat kuat. Hal inilah yang nantinya akan menjadi sektor utama yang akan dikemas Pemerintah Provinsi Kepri untuk mendongkrak daya tarik Provinsi Kepri menjadi semakin dikenal di Indonesia dan dunia internasional. “Kedepan tentu bersama-sama berkolaborasi dengan harapan Kepri bisa lebih dikenal,” terang Adi Prihantara.

Sementara itu, Iman Brotoseno mengatakan kehadiran Stasiun LPP TVRI di Kepri akan semakin melengkapi upaya bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia terutama ini di perbatasan. TVRI memang diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2005 yang mewajibkan TVRI mendirikan stasiun penyiaran disetiap Ibukota Provinsi di Indonesia. TVRI menjalankan 3 saluran televisi berskala nasional (dengan 2 di antaranya hanya bersiaran digital) dan 32 stasiun televisi daerah dan didukung 361 stasiun transmisi (termasuk 129 stasiun transmisi digital) di seluruh provinsi Indonesia.

“Dengan pembangunan TVRI Kepri bisa mewujudkan dan tuntaskan pekerjaan rumah untuk membangun TVRI itu pada
wilayah-wilayah yang belum hadir,” kata Iman Brotoseno. Dia juga memastikan TVRI Kepri akan membantu Pemprov mempromosikan keunggulanya wilayah ini. Menurutunya Kepri memiliki banyak potensi yang bila dikemas dengan baik itu akan membuat Kepri memiliki daya saing untuk menggaet wisatawan lokal dan mancanegara.

Pembangunan Stasiun LPP TVRI Keprk ditargetkan Iman Brotoseno pada tahap pertama ini selesai di bulan Desember 2022. Dia juga memastikan anggaran pembangunan stasiun sudah disetujui komisi I DPR RI. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Umum TVRI Meggy Theresia Rases, Direktur Program dan Berita Irianto, Asisten I Pemko Tanjungpinang Tengku Dahlan, Ketua KPID Hengky Mokhari, Direktur LPP TVRI Se-Sumatera, dan sejumlah kepala OPD Pemprov Kepri. (Dai/Yog)

Print Friendly, PDF & Email

Related News