free website hit counter

DPRD Paripurna Pidato Pengantar Nota Nota Keuangan APBD 2023

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun saat menyerahkan naskah pidato paripurna pengantar nota keuangan APBD 2023

Pekanbaru – DPRD Kota Pekanbaru menggelar sidang rapat paripurna di Ruang Paripurna Gedung Balai Payung Sekaki DPRD Kota Pelanbaru, Senin (21/11/2022).

Agenda Penyampaian Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Ranperda APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri dan Nofrizal. Sementara dari eksekutif dihadiri langsung Pj Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru HM Jamil, para Asisten, para Kepala OPD, beberapa Tenaga Ahli dan beberapa Camat.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalam pidatonya menyampaikan bahwa perencanaan dan penggunaan realisasi anggaran yang ada di dalam APBD Kota Pekanbaru tahun 2023 diharapkan diawasi secara efektif. Sehingga realisasi anggaran dapat berjalan efektif dan efisien.

“Peran serta lembaga pengawasan dan pemeriksa keuangan negara seperti BPK serta Inspektorat diperlukan untuk dapat terus mengawasi perencanaan dan penggunaan anggaran agar lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ujar Muflihun.

Gambaran APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 2,699 Triliun. Adapun perkiraannya itu berdasarkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 961 miliar dan pendapatan transfer sebesar Rp 1,27 miliar, serta belanja daerah sebesar Rp 2,679 triliun diperuntukkan untuk belanja operasional, belanja modal dan belanja tidak terduga.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi menyebut pendapatan asli daerah yang dipatok oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sekitar Rp 961 miliar dinilai cukup masuk akal, seiring jumlah penduduk semakin bertambah dan sektor usaha yang ada di Kota Pekanbaru.

Namun disamping itu, Sabarudi meminta pemerintah Kota Pekanbaru untuk lebih menggenjot PAD kedepannya.

“Kalau bisa PAD kita mencapai Rp1 triliun. Kita harus optimis dan ini menjadi tantangan bagi Pemko Pekanbaru kedepan,” cakapnya.

Dengan telah dilakukannya pengantar pidato nota keuangan, selanjutnya DPRD Pekanbaru akan menjadwalkan paripurna pandangan Fraksi.

“Untuk tahapan selanjutnya, Insya Allah besok kita menggelar paripurna pandangan umum fraksi,” tutupnya. (Galeri foto)

Print Friendly, PDF & Email

%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications OK No thanks