Potret24.com, Jakarta– Presiden RI Joko Widodo tengah menyiapkan dua jenis obat yang akan dipakai untuk melawan wabah virus corona COVID-19. Obat tersebut adalah avigan dan klorokuin. Obat apakah itu?

Avigan merupakan obat fapilavir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Pejabat kesehatan Tiongkok mengatakan obat yang digunakan di Jepang ini “efektif” untuk menangani pasien yang mengidap virus corona atau COVID-19. Pernyataan ini sebelumnya disampaikan oleh pejabat Kementrian Sains Dan Teknologi Tiongkok, Zhang Xinmin.

“Fapilavir memiliki tingkat keamanan yang tinggi, yang efektif dalam penanganan pasien corona,” ujarZhang kepada awak media, seperti dikutip dari Guardian, Jumat (20/3/2020).

Selain itu, Wakil Kepala Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China, Sun Yanrong dalam konferensi pers, pada Selasa (18/2/2020) menyatakan klorokuin mempunyai efek penyembuhan tertentu pada penyakit virus corona. Hal ini diketahui setelah dilakukannya berbagai macam uji klinis di rumah sakit di China.

Klorokuin juga telah digunakan dalam uji klinis di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing, serta di Provinsi Guangdong, China selatan dan provinsi Hunan, China tengah, dan menunjukkan khasiat yang cukup baik dalam proses penyembuhan pasien. (dtk)

Print Friendly, PDF & Email