free website hit counter

Dianggap Gagal, Menteri BUMN Diminta Pecat Dirut PHR

Direktur utama Pertamina Hulu Rokan Jeffe A Suardin saat berpose di salah satu tempat sambil tersenyum

Pekanbaru – Koordinator Umum Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Provinsi, Zulkardi meminta Menteri BUMN, Erik Tohir untuk mengambil tindakan melakukan pemecatan terhadap Direktur utama Pertamina Hulu Rokan Jeffe A Suardin.

Munculnya permintaan pemecatan itu sebagai bentuk pertanggungjawaban atas sejumlah catatan buruk sejumlah hal.

“PHR telah benar-benar gagal dalam mengelola minyak di blok rokan ini. Dan untuk memperbaiki catatan buruk ini hanya ada satu cara yaitu dengan memecat Jaffe A Suardin sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya dalam mengelola Blok Rokan selama ini,” tutur Zulkardi melalui pesan rilis diterima Potret24.com, Jumat (20/01/2023).

Zulkardi merincikan sejumlah catatan buruk tersebut. Diantaranya terbakarnya trafo di Balai Pungut, Kabupaten Bengkalis Riau. Alhasil produksi minyak mentah blok rokan merosot dari 165.000 barel perhari menjadi 70.000 barel perhari. Kemudian banyaknya pekerja meninggal di wilayah kerja (WK) blok rokan. Dimana salah satunya insiden kematian (Fatality) terjadi kecelakaan kerja pada pekerja subkontraktor PHR, PT. Asrindo Citraseni Satria (ACS), berinisial DS (22) di lokasi 5D-28, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu, (18/01/2023) sekira pukul 08.30 WIB kemarin. Sehingga Zulkardi menegaskan bahwa tidak ada lagi alasan untuk tidak memecat Jeff A Suardin sebagai direktur utama Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Keterangan yang kami himpun kali ini, subkontraktor PHR kembali mengalami kecelakaan kerja. Dimana seorang Floorman dari PT. ACS harus meregang nyawa dikarenakan mengalami kecelakaan kerja akibat tertimpa FOVS,” tukasnya.

Karena itu, Zulkardi meminta Menteri BUMN, Erik Tohir mengambil tindakan tegas melakukan pemecatan terhadap Dirut PHR. Sebab hal itu dinilainya tidak dapat ditolerir.

“Sebagai sosial control jika diperlukan, AMPR akan melakukan aksi besar-besaran ke gedung Kementrian BUMN karena kalau sudah memakan banyak korban seharusnya sudah tidak bisa ditolerin lagi,” tegasnya.

Direktur utama Pertamina Hulu Rokan (PHR), Jeffe A Suardin belum memberikan komentar atas permintaan pemecatan dan sejumlah catatan tersebut. Potret24.com sedang berupaya mengornfirmasi kepada bersangkutan. **(son)

Print Friendly, PDF & Email

%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications OK No thanks