free website hit counter

Bupati Inhil Serahkan SK 162 Penyuluh Agama Islam

Potret24.com, TEMBILAHAN – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP menghadiri Pembinaan dan Pembekalan Penyuluh Agama Islam Nonton PNS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhil Periode 2020-2024, Senin (27/1).

Bertempat di salah satu hotel di Tembilahan, Bupati juga melakukan Penyerahan SK kepada 162 orang Penyuluh Agama Islam tersebut. Kepala Kantor Kemenag Inhil, H Harun SAg MPd, menceritakan sekilas mengenai keberadaan Penyuluh Agama ini.

“Penyuluh Agama ini dulu namanya GAH (Guru Agama Honor), seiring perkembangan zaman meningkat menjadi PAH (Penyuluh Agama Honor), hampir seluruh KUA di saat itu menjadi penyuluh. Dan melalui Menteri Agama yang baru ini ditingkatkan lagi statusnya menjadi Penyuluh Agama Non PNS,” terang Harun.

Dikatakannya, Penyuluh Agama awalnya berjumlah 59 orang, kemudian direkrut anggota baru sebanyak 103 orang. Harun menyebut ada 5 budaya kerja yang harus ditanamkan di dalam diri Penyuluh Agama, di antaranya; integritas, profesional, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

Selain itu, Penyuluh Agama diharapkan dapat menunjang Program Prioritas Pemerintah, mulai dari Program Magrib Mengaji, DMIJ Plus Terintegrasi, hingga 1 Desa/ Kelurahan 1 Rumah Tahfidz. Sepakat dengan Kepala Kantor Kemenag Inhil, dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa keberadaan Penyuluh Agama sangat diharapkan untuk membantu menyosialisasikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

“Saya sudah berkomitmen, ada salah satu program prioritas yang namanya adalah DMIJ Plus Terintegrasi, plus terintegrasi inilah di mana keterkaitannya dengan Penyuluh Agama. Melalui DMIJ Plus Terintegrasi, sudah dituangkan dalam RPJMD 2018-2023 yang disahkan, saya sangat mengharapkan dukungan dan bantuan melalui penyuluh yang ada di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hilir,” urai Bupati.(adv)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications OK No thanks