free website hit counter

Bupati H. Sukiman Kukuhkan Hj. Peni Sebagai Bunda Literasi

Potret24.com – Melalui workshop seribu pendidik PAUD dan pengukuhan bunda literasi Kabupaten Rokan Hulu tahun 2022, Bupati Rohul, H Sukiman berharap dengan pendidikan anak usia dini, dapat mewujudkan cita-cita bersama dalam membangun Kabupaten Rokan Hulu menuju generasi berakhlak, sehat, cerdas, dan berkarakter. Selasa Pagi, (04/10/2022) di Convention Hall Islamic Centre.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hulu itu, dihadiri juga oleh Direktur Canoris Swara Ilmu dari Jakarta yang juga sebagai narasumber, Drs. Sinung Widodo atau akrab disapa Om Sinong, Bunda PAUD Rohul, Hj Peni Herawati, Ketua GOW Rohul, Sri Yulita, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul.

Dalam kegiatan waktu itu, puluhan anak-anak PAUD se Kabupaten Rokan Hulu menampilkan berbagai keahlian, mulai dari tari persembahan, menyanyi, membaca ayat-ayat pendek Al-Quran dan berbagai penampilan lannya.

Pada kesempatan yang sama, Hj Peni Herawati yang merupakan Bunda PAUD Rohul juga dikukuhkan menjadi bunda literasi Kabupaten Rokan Hulu.

“Pertama, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan workshop seribu pendidik PAUD tahun 2022 ini,” kata Bupati pada sesi kata sambutannya.

Dengan hadirnya bunda literasi lanjut Sukiman, maka akan semakin banyak masyarakat Kabupaten Rokan Hulu yang mau membaca, baik melalui buku di perpustakaan ataupun melalui sistem yang ada, juga termasuk mendorong masyarakat untuk mau menulis dan membaca, dan juga bagaimana mengajak orang untuk bisa membagikan buku-buku yang mungkin mereka punya.

Bupati H. Sukimn bacakan SK penetapan Hj. Peni Herawati sebagai Bunda Literasi Rokn Hulu

“Jadi banyak kegiatan untuk membantu bunda literasi menuju Rokan Hulu maju. harapan yang sama juga disampaikan kepada bunda literasi agar dapat melakukan penguatan SFM melalui PAUD gemar membaca dan bisa menulis,” tambah Bupati, Sukiman.

Dengan dikukuhkannya bunda literasi Kabupaten Rokan Hulu juga lanjut Sukiman, tentu dapat betul-betul terimplementasikan dengan baik serta memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat kabupaten Negeri Seribu Suluk.

Menurut Bupati Sukiman, budaya membaca yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat perlu untuk dihidupkan kembali dan menjadi budaya dalam keseharian ditengah masyarakat, hal ini guna menambah wawasan dan menumbuh kembangkan kembali minat baca dikalangan masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan peningkatan kompetensi yang lebih baik bagi guru-guru PAUD dalam memberikan pembelajaran sehingga dapat membentuk generasi Rokan Hulu yang unggul dan berkualitas. sehingga mampu menerapkan pelaksanaan pengembangan anak usia dini holistik-integratif pada satuan pendidikan paud yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Bunda PAUD sekaligus Bunda Literasi Rohul, Hj Peni Herawati dalam kata sambutannya mengatakan, mengingat pentingnya masa golden age ini, maka peran stimulasi berupa penyediaan lingkungan yang kondusif harus benar-benar dipersiapkan.

“Oleh karena itu, kepada seluruh bunda PAUD kecamatan maupun Desa, diharapkan dapat bekerja sama dengan pendidik paud untuk berperan aktif mengajak para orang tua yang memiliki anak usia paud dan kelompok bermain agar menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah paud terdekat,” harap Hj Peni.

Selebrasi Mars Cegah Stunting untuk anak usia dini pada moment Workshop Seribu Pendidik PAUD Rokn Hulu

Selain daripada itu, Hj Peni juga menghimbau kepada Bunda paud Kecamatan maupun desa beserta kepala desa se Kabupaten Rokan Hulu untuk dapat bekerja sama dalam melaksanakan pendataan secara berkala terhadap jumlah anak usia paud yang ada di desa, dengan melaksanakan verifikasi usia anak mulai dari 2 hingga 5 tahun.

“Kepada guru-guru paud, hendaknya mampu meningkatkan dan menerapkan budaya dan minat baca kepada anak usia paud sejak usia dini,” pungkasnya. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications OK No thanks