Potret24.com, Pekanbaru- Besok Gubernur Riau H Syamsuar hadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Khusus Tingkat Menteri dalam rangka Membahas Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Periode Puncak Kemarau Tahun 2020.

Kegiatan digelar di Auditorium Dr Sudjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanam (LHK), Senayan, Jakarta Pusat.

“Besok acaranya, bersama pak Gubernur hadir, Kadis LHK juga,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, Rabu (01/07/2020).

Selain Riau, sejumlah daerah yang terjadi Karhutla juga diundang hadir. Pembahasan mengenai antisipasi Karhutla, dimana peralihan musim sedang berjalan dari hujan ke musim panas.

Disisi lain, Edwar Sanger juga menjelaskan untuk hari ini Riau nihil titik api (fire spot). Meski begitu, diakuinya, masih dilakukan upaya pendinginan di beberapa bekas titik Karhutla seperti halnya yang terjadi di Pelalawan.

Titik-titik api yang sudah berhasil dipadamkan tersebut, karena dalam berapa hari terakhir, tim Satgas udara dan darat telah melakukan pemadaman secara simultan.

“Hari ini tidak ada lagi fire spot. Lima helikopter yang biasanya kita kerahkan ke titik-titik Karhutla, hari ini hanya disiagakan. Tiga di Pekanbaru, dua di Dumai,” papar Edwar. (adv)

Print Friendly, PDF & Email