26 April 2024

Potret24.com, PEKANBARU – Aliansi Mahasiswa dan Pemuda se-Riau akan membentuk Tim Satgas Covid-19 independen. Lembaga bentukan ini nantinya berfungsi sebagai lembaga pengawasan kinerja Pemprov Riau dalam percepatan penanganan Covid-19.

Koordinator Umum Aliansi Pemuda dan Mahasiswa se-Riau Zulkardi, Minggu (27/09/2020) mengatakan, pihaknya meragukan terhadap apa yang sudah dikerjakan Pemprov Riau dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Tim Satgas Covid-19 Independen ini akan mengawal kerja pemerintah dalam penanganan wabah corona. Pengawasan terutama dari sisi penggunaan anggaran Covid-19 yang telah dialokasikan melalui APBD Riau,” ungkapnya.

Sebagai bentuk langkah awal rencana pembentukan Satgas independen ini, pihaknya telah duduk bersama dengan perwakilan mahasiswa se-Riau dan meminta pandangan dari perwakilan DPRD serta akademisi dalam sebuah diskusi publik di Cafe Semut Hitam Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru, Sabtu (26/09/2020).

Dijelaskannya, secara gambaran umum, mereka diperbolehkan membentuk sebuah lembaga independen untuk mengawasi kinerja pemerintah, sesuai dengan fungsi kontrol sosial yang dimiliki.

“Kami berharap dengan hadirnya Satgas Covid-19 Independen bentukan mahasiswa dan pemuda di Riau, Pemprov lebih realistis dalam penggunaan anggaran dan tepat sasaran sesuai dengan yang diharapkan,” ungkapnya.

Menurut Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati, sangat memungkinkan bagi mahasiswa dan pemuda di Riau untuk membentuk Satgas tersebut.

Satgas ini berfungsi sebagai kontrol terhadap setiap kebijakan pemerintah dalam mengalokasikan sisa anggaran Covid-19 di Riau. (bpc2)

Print Friendly, PDF & Email