15 Juni 2024

Lima orang diskominfo Rohul lolos seleksi

Potret24.com – Team Videografer Media Center Diskominfo Rohul ikuti remote pilot certification training yang ditaja oleh AIRNAV Indonesia Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) regional Riau, di Pekanbaru.

Diskominfo Rohul diikuti oleh Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Rudy Fadrial.
Adapun Team Videografer yang meikuti sertifikasi ini adalah Muhammad Ikmi Aprinanda, S.Kom, Syul Amri, S. Kom, Abuzar Al Ghifari, S. Kom dan Ridwan Austrian.

Giat diikuti oleh Team MC Diskominfo Rohul terbagi dua kelas. Kelas pertama yaitu teori pada tgl 4-6 Oktober 2022 secara daring mengenai tata cara menerbangkan Drone yang baik dan benar. Jelaskan tentang regulasi yang harus dipenuhi dan dipatuhi oleh pilot, serta memberikan informasi mengenai aturan saat menerbangkan pesawat tanpa awak ini. Kemudian kelas dihari berikutnya, tanggal 8 hingga 9 Oktober, yaitu praktek sekaligus sertifikasi dan uji kompetensi.

Dikesempatan ini, Ketua APDI Regional Riau Harri Wibowo mengungkapkan ada 2 (dua) kategori dinilai dalam sertifikasi Pilot Drone ini yaitu kemampuan teknis dan regulasi. Tambah pria kerap disapa Om Arpes ini menyebutkan team dari Diskominfo Rohul memperoleh hasil yang membanggakan.

“Selamat untuk team Kominfo dari Rohul jauh-jauh datang ke sini dengan semangat tinggi berjuang tanpa letih dan akhirnya bisa memperlihatkan sebuah contoh bahwa team Kominfo ini selain mempunyai skill juga patuh pada aturan, selamat sekali lagi” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Rohul Sofwan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si mengatakan bahwasa Drone menjadi fungsi bukan hanya sekedar alat untuk mendukung tugas kedinasan, fungsi kehumasan, dan fungsi diseminasi dan penyebarluasan informasi dokumentasi kegiatan pimpinan.

“Pelatihan inikan berfungsi mendukung peningkatan kompetensi SDM di bidang komunikasi dan informatika sesuai hal dengan amanat bupati agar daerah jadi lebih maju. Diskominfo dan Media Center akan mengadakan bimtek dan sertifikasi untuk pengguna Drone dengan kategori Hobbi dan rekreasi di Rohul yang akan dilaksanakan pada triwulan ke dua tahun 2023 mendatang” tutupnya. (Rin)

Print Friendly, PDF & Email

Related News