8 Peralatan Wajib Membuat Kue - Cerdas - Kritik - Tajam

8 Peralatan Wajib Membuat Kue

Potret24.com – Dibandingkan dengan membeli, ada baiknya untuk membuat kue sendiri karena selain lebih bersih membuat kue juga dapat meningkatkan kreativitas.

Berikut merupakan 8 peralatan untuk membuat kue.

1. Oven

Membuat kue tentu tidak terlepas dari oven untuk mendapatkan kematangan sempurna sehingga kue tidak akan gosong atau matang sebelah. Jika tidak memiliki oven, maka membuat kue akan jauh lebih sulit.

Oven juga dapat digunakan untuk memanggang makanan lainnya seperti memanggang ayam, jadi memiliki oven bukanlah suatu kerugian karena multi-fungsi.

2. Pengocok Adonan

Pengocok adonan berfungsi untuk mempermudah dalam mengocok bahan cair atau bubuk, sehingga adonan akan tercampur dengan sempurna. Tentunya akan sangat merepotkan apabila harus mengocok adonan secara manual.
Sebenarnya tidak hanya dalam memasak kue saja, pengocok adonan juga dapat digunakan untuk memasak makanan lain. Jadi, tidak ada salahnya untuk membeli pengocok adonan yang berkualitas.

3. Mixer

Fungsi mixer tidak berbeda jauh dengan pengocok adonan, yaitu untuk mempermudah mengaduk adonan secara merata. Saat menggunakan mixer, sangat disarankan untuk memakai wadah alumunium atau kaca berukuran sedang atau besar.

Ada juga makanan selain kue yang membutuhkan mixer ini untuk mengocok adonan, jadi tidak ada salahnya untuk membeli barang yang dapat digunakan pada beberapa makanan ini.

4. Loyang Kue

Loyang Kue termasuk ke dalam peralatan penting dalam membuat kue karena befungsi untuk membuat bentuk kue yang sempurna, sesuai dengan yang diharapkan. Pilihlah loyang kue yang permukaannya anti lengket dan mudah dibersihkan.

Selain sebagai cetakan kue, Loyang juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan kue sementara. Hal ini lebih praktis dibandingkan harus menggunakan piring karena jika menggunakan piring sebagai tempat penyimpanan sementara maka hanya akan menambah cucian piring.

5. Cetakan Kue

Cetakan kue berfungsi untuk membuat berbagai bentuk kue, jadi kue yang dibuat tidak berbentuk monoton. Selain itu, cetakan kue juga dapat digunakan sebagai pembuat ornamen tambahan dalam kue.
Selain dalam membuat kue ataupun ornamennya, cetakan ini juga dapat digunakan pada masakan lainnya. Contohnya adalah telur dan bawang daun, pengguna hanya perlu mengocok antara telur dan bawang daun lalu memasukkannya ke dalam cetakan ini. Tentunya nafsu makan anak akan bertambah karena bentuknya yang unik, tidak hanya lingkaran saja seperti telur biasa.

6. Wadah Adonan

Untuk mempermudah dalam mencampurkan adonan, disarankan untuk menggunakan wadah adonan yang berkualitas serta mudah untuk dibersihkan. Kegunaan lain dari wadah adonan adalah sebagai wadah makanan sementara atau tempat untuk menghangatkan makanan.

Wadah ini juga tidak hanya berguna dalam membuat kue, misalnya pengguna ingin membuat prekedel maka dapat menaruh adonannya di tempat ini.

7. Timbangan Kue

Timbangan menjadi hal penting selanjutnya karena takaran yang tidak akurat akan membuat adonan kue menjadi tidak sempurna. Mengetahui hal ini terlihat bukan betapa pentingnya peran dari sebuah timbangan kue, meskipun timbangan kue terlihat seperti benda yang tidak penting dalam pembuatan kue.
Timbangan kue juga dapat bermanfaat bagi masakan lainnya sehingga pembuat masakan dapat mengikuti resep. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Timbangan Digital Mini 10 Kg dari Nankai.

8. Gelas Ukur Kue

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat khususnya bahan yang berbentuk cairan, maka diperlukan yang namanya gelas ukur. Gelar ukur berfungsi untuk menghitung volume dan berat adonan secara bersamaan.

Itu lah 8 peralatan dalm membuat kue. Semoga artikel ini bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email
X
English English Indonesian Indonesian Malay Malay
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications    OK No thanks