free website hit counter

3 Desa Wisata di Riau Masuk 100 Besar Terbaik di Nasional, Ini Kata Kadispar Riau

Jakarta – Sebanyak 3 Desa wisata di Provinsi Riau masuk kategori Desa wisata 100 terbaik di kancah nasional.

Ketiga Desa itu adalah Desa Wisata Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Desa Wisata Bangko Mukti Kabupaten Rokan Hilir, Desa Wisata Dayun Kabupaten Siak.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengumumkan 100 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pengumuman itu dilakukan di kanal YouTube Jadesta, Sabtu (23/04) malam.

“Kepada 100 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” ujarnya.

Kontestan Desa wisata sebanyak 3.419 desa. Dari seluruh kontestan, hanya 100 Desa wisata yang masuk kriteria Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 sebagai Desa wisata terbaik termasuk 3 Desa di Provinsi Riau. Adapun predikat ini diberikan berdasarkan 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data sebagaimana telah dipersyaratkan pada situs Kemenparekraf.

“Penilaian ini berdasarkan 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta,” paparnya.

Dengan telah dinobatkannya sebagai Desa wisata terbaik nasional, Sandiaga menghimbau pemerintah daerah untuk lebih berinovasi serta menggali potensi wisata daerah masing-masing.

“Terus gali potensi desa wisata Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata mengapresiasi ketiga Desa wisata asal Provinsi Riau itu.

Roni mengaku bangga atas masuknya ketiga Desa wisata tersebut, kendati masih tahapan proses seleksi hingga 50 besar.

“Sebenarnya belum final karena masih seleksi 50 lagi. Tapi walaupun begitu, Saya tetap apresiasi terhadap 3 Desa Wisata dari Riau, yang sudah berhasil menembus 100 besar di tingkat nasional,” tutur Roni kepada Potret24.com, Minggu (24/04).

Roni berharap 3 Desa wisata perwakilan Provinsi Riau, yang saat ini memasuki seleksi 50 besar bertahan hingga seleksi berakhir.

“Harapannya 50 besar nanti masih ada perwakilan dari Riau,” harapnya. (son)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini:
Enable Notifications OK No thanks