free website hit counter

Tokoh Agama dan Tokoh Adat Nasrani Pulau Rakyat Audiensi dengan Bupati Asahan

Potret24.com, Kisaran- Tokoh Agama dan Tokoh adat Nasrani Kecamatan Pulau Rakyat beraudiensi dengan Bupati Asahan, H Surya BSc.

Kegiatan itu dilakukan diruangan kerja Bupati Asahan, Kamis (06/02/2020).

Turut hadir dalam kegiatan yang tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Bambang HS, Plt Kaban Kesbang Pol, Kadis Kominfo H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Dr Lincon Lumban Tobing dan rombongan.

Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Nasrani Kecamatan Pulau Rakyat, Lincon Lumban Tobing mengatakan, tujuan audiensi dilakukan untuk menyampaikan sejumlah hal berkaitan dengan pemakaman Nasrani di jalan lintas sumatera (Jalinsum) sungai Piring-Sibayak dan di Desa Rahuning II dusun III Sungai Piring-Sibayak dan di Desa Rahuning II dusun III.

“Kondisi tanah pekuburan Nasrani sudah sangat padat dan khusus yang berlokasi di Dusun III letaknya berada di pinggiran sungai Asahan dan saat ini mengalami longsor,” ujarnya.

Kepadatan pemakaman sudah tergolong lama. Sedangkan terkait longsor, diketahuinya berdasarkan hasil pantauannya dilapangan. Jika tidak dicari solusi, dikhawatirkan longsor tersebut akan melebar dan perlahan-lahan mengikis tanah pemakaman.

“Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat mencari solusi,” tukasnya.

Oleh karena itu, lelaki bermarga Lumban Tobing ini berharap kepada pemerintah Kabupaten Asahan untuk segera menindaklanjuti.

“Harapannya mewakili Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Pulau Rakyat, Bupati agar dapat mencari solusi penanganan kondisi Pekuburan saat ini,” harapnya.

Sementara itu Bupati Asahan, H Surya BSc dalam pertemuan itu menyarankan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Nasrani Kecamatan Pulau Rakyat berkoordinasi dengan Camat Pulau Rakyat dan Pihak PT Lonsum Perkebunan Gunung Melayu. Pasalnya, lokasi pemakaman itu berada diperbatasan PT Lonsum Perkebunan Gunung Melayu.

“Karena lokasi pekuburan dimaksud berbatasan dengan PT Lonsum. Sehingga masyarakat dapat segera mendapat solusi terbaik,” sebutnya.

Disisi lain, orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Asahan ini akan mencari solusi alternatif.

Surya akan mengusulkan pengadaan lahan untuk tempat pemakaman bagi umat Nasrani di Kecamatan Pulau Rakyat.

Soal persayaratannya, Surya menjelaskan agar umat Nasrani Pulau Rakyat menggelar konsolidasi antara tokoh agama dan adat Nasrasi.

Dari hasil konsolidasi itu, kemudian dibuat notulen kesepakatan dan mengusulkannya kepada pemerintah daerah.

“Tentunya terlebih dahulu harus ada kesepakatan antara Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Nasrani yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat dan sekitarnya, agar proses pengadaan lahan pekuburan dapat segera di realisasikan sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Surya berharap perihal disampaikan Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat segera mendapat solusi. Sehingga kepentingan masyarakat secara umum khususnya warga Nasrani di Kecamatan Pulau Rakyat dan sekitarnya dapat terwujud. (Niko)

Print Friendly, PDF & Email
%d blogger menyukai ini: