Tjahjo Minta ASN Kenakan Cadar Di Lingkungan Rumah Saja

Potret Nasional

Potret24.com, Jakarta- Polemik larangan penggunaan cadar di lingkungan aparatur sipil negara (ASN) terus bergulir. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyarankan agar para ASN menggunakan cadar di lingkungan rumah saja.

Menurutnya, ASN mengikuti aturan berpakaian di kantor masing-masing.

“Ya silakan kalau mau pakai silakan. Tapi di rumah sendiri dong,” tegas Tjahjo kepada wartawan di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (31/10/2019).

“Kalau Anda pegawai kantor harus punya aturan. Mohon maaf orang mau bercadar di rumah boleh,” imbuhnya.

Tjahjo menambahkan, wajar saja jika Menteri Agama Fachrul Razi merekomendasikan larangan bercadar di lingkungan instansi pemerintah. Dia menyamakan aturan berpakaian di instansi yang dipimpinnya.

“Saya kira masing-masing kepala lembaga punya aturan. Sama kalau di kantor saya, pegawai saya harus ikuti aturan. Senin pakaian putih, Selasa putih, Kamis batik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi berencana mengkaji larangan penggunaan cadar untuk masuk ke instansi pemerintah. Hal itu ia katakan karena alasan keamanan usai penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto.

Fachrul mengatakan rencana itu masih dalam kajian. Namun belakangan Fachrul membantah jika dirinya melarang. Dia berkilah hanya merekomendasikan penggunaan cadar di lingkungan pemerintahan. (Lis)