Potret24.com, Pekanbaru- Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik api makin bertambah Riau, Minggu (7/7/2019).

Sehari sebelumnya di Riau hanya terdapat 3 hotspot, yakni di Pelalawan 2 titika dan satu titik di Rokan Hilir. Dari jumlah tersebut, dua titik memiliki level confidence di atas 70 persen.

Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Pekanbaru, Marzuki, menjelaskan, satelit mendeteksi titik panas di Riau hari ini sebanyak 12 titik. Rinciannya, di kabupaten Pelalawan 8 titik, Rokan Hilir 3 titik dan Indragiri Hulu 1 titik.

“Dari jumlah tersebut, 8 titik diantaranya dipastikan adalah titik api karena memiliki level konfidence di atas 70 persen. Delapan titik itu berada di Pelalawan 5 titik dan Rokan Hilir 3 titik,” pungkasnya.

Ia menambahkan, menurut prakiraan, Riau akan diguyur hujan sejak siang hingga malam hari nanti. “Namun memang hujan hanya mengguyur sebagian wilayah Riau. Tidak merata di semua wilayah,” ujarnya.

Siang hingga sore potensi hujan terjadi disebagian wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hulu dan juga Indragiri Hilir.

“Sementara malam hari potensi hujan terjadi disebagian wilayah Rokan Hulu dan juga Kota Dumai. Sedangkan dini hari cuaca kembali cerah, tak ada potensi hujan di seluruh wilayah Riau,” sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 kilometer per jam. (Lis)

 

Print Friendly, PDF & Email