free website hit counter
Breaking News 

Sumbar Mulai Diterjang Banjir dan Longsor, Satu Orang Tewas

Potret24.com, Padang- Akibat hujan lebat yang terjadi di Sumatera Barat, sejak siang hingga malam hari, Selasa (11/6/2019),   Padang Pariaman, Agam dan Pesisir Selatan diterjang longsor dan banjir. Satu orang dinyatakan meninggal.

“Tadi malam ada tiga daerah di Sumbar yang dilanda musibah longsor dan banjir yakni di Padang Pariaman, Agam dan Pesisir Selatan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur dilansir Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Rumainur menjelaskan, di Padang Pariaman ada satu titik yang mengalami longsor, tepatnya di Korong Kampung Pinang Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging. Akibatnya satu warga tewas dan dua luka-luka tertimbun material.

Sementara banjir bandang terjadi di dua titik yakni di Korong Pasa Baru Kampung Jua Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, yang merendam rumah warga sebanyak 6 unit dengan 10 kepala keluarga dan lahan pertanian lebih kurang 1 hektare.

Kemudian di Korong Pasar Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, banjir bandang merendam rumah warga 55 kepala keluarga dan sawah seluas lebih kurang 15 hektare.

Untuk di Pesisir Selatan, menurut Rumainur terjadi longsor yang disertai pohon tumbang di Nagari Ampang Tareh Lumpo, Kecamatan IV Jurai, yang mengakibatkan material longsor menutup badan jalan kabupaten.

Kemudian di Nagari Tanah Kareh Kecamatan IV Jurai terjadi banjir dengan Ketinggian genangan air lebih kurang 10 centimeter.

Di Kabupaten Agam, terjadi dua titik longsor dengan lokasi Jorong Palembayan, Nagari Palembayan Tangah, Kecamatan Palembayan, di mana terjadinya pohon tumbang dan longsoran kecil yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan.

Kemudian di Jorong Tamtaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, longsor mengakibatkan putus totalnya akses jalan dan masuknya air dan lumpur ke dalam rumah warga.

“Untuk di Agam sempat mengakibatkan putusnya akses jalan. Namun, dini hari tadi sudah bisa dilalui,” tegasnya. (Lis)

Related posts