potret24.com – Seekor beruang kutub mati ditembak setelah sempat menyerang seorang kru kapal pesiar di kepulauan Svalbard, Norwegia.

Berdasarkan laporan kepolisian, Minggu (29/7/2018), beruang kutub tersebut menyerang kru kapal Jerman, MS Bremen, yang membawa ekspedisi turis.

Kapal tersebut merapat di Pulau Spitzbergen di Samudera Arktik pada Sabtu (28/7/2018).

Seorang kru berusia 40-an tahun yang tak diungkapkan identitasnya itu mengalami luka pada bagian kepala akibat serangan beruang tersebut.

“Beruang itu mati setelah ditembak oleh kru lainnya dari atas kapal,” kata Komisaris Polisi Ole Jakob Malmo, dilansir AFP.

Kru kapal yang terluka segera diterbangkan menggunakan helikopter menuju ke ibu kota setempat di Longyearbyen dan kemudian dibawa menuju rumah sakit Tromso di daratan pada malam harinya.

Pihak rumah sakit Tromso mengatakan bahwa nyawa kru tersebut tidak dalam bahaya dan dia dalam kondisi stabil.

Hapag-Lloyd Cruises, perusahaan pemilik kapal, mengatakan tindakan yang diambil oleh kru kapal dengan menembak beruang putih tersebut sebagai pembelaan diri.

“Kami sangat menyesalkan kejadian ini,” kata juru bicara perusahaan, Moritz Krause.

Beruang kutub termasuk ke dalam hewan yang dilindungi di Norwegia sejak 1973. Hasil sensus yang dilakukan pada 2015 menunjukkan hanya kurang dari 1.000 ekor yang tercatat di kepulauan Svalbard.

Kepulauan tersebut memiliki luas daratan sekitar dua kali Belgia dan terletak sekitar 1.000 kilometer dari Kutub Utara.

Terjadi setidaknya lima serangan yang berakibat fatal yang disebabkan oleh beruang kutub yang dicatat di Svalbard dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

Yang terbaru adalah pada tahun 2011 ketika beruang kutub menyerang sekelompok beranggotakan 14 orang dalam perjalanan yang diselenggarakan oleh asosiasi sekolah Inggris.

Seorang remaja asal Inggris berusia 17 tahun tewas dan empat anggota ekspedisi lainnya terluka sebelum beruang kutub yang menyerang mereka dibunuh.kom

Sumber: AFP/ Kompas.com

Print Friendly, PDF & Email