free website hit counter
Potret Riau 

Sepekan Dibuka, Pendaftaran Calon Sekdaprov Riau Sepi Peminat

Potret24.com, Pekanbaru- Sejak dibuka 2 September lalu, seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau belum ada calon yang mendaftar. Pendaftaran dibuka hingga 16 September mendatang.

Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekdaprov Riau, Prof Dr Ashaluddin Jalil MS, Minggu (8/9/2019) mengatakan, sampai saat ini memang belum ada satupun calon yang mendaftar.

“Terakhir ada sekitar empat orang yang datang ke Sekretariat Pansel, tapi hanya mempertanyakan persyaratan-persyaratan kelengkapan. Sedangkan yang menyampaikan berkas belum ada,” katanya.

Dia menyampaikan, kemungkinan calon yang mendaftar akan ramai pada pekan depan. Hal ini karena ada persyaratan sedikit rumit yang harus dilengkapi calon sebelum mendaftar.

“Ada persyaratan yang mungkin mereka belum pernah mengisi. Tapi saya rasa kalau dia pejabat sudah pernah mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN),” ujarnya.

“Itu (LHKPN) persyaratan yang luar biasa. Banyak harus diisi, sehingga mungkin ini yang sedikit berat. Tapi itu syarat berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang seleksi pejabat,” sambungnya.

Ditanya empat orang yang mempertanyakan syarat dari pejabat mana, mantan Rektor Universitas Riau ini tidak mengetahui. Karena saat itu tidak ditanyakan asal pejabat tersebut.

“Tidak pula saya tanya kemarin. Karena mereka hanya tanya persyaratan, tentu kita jawab meski yang ditanyakan itu ada dalam web,” cetusnya.

Selain LHKPN, apa saja syarat yang berat bagi calon Sekdaprov Riau, Ashaluddin menyatakan seperti legalisir ijazah. Tapi itu kalau yang bersangkutan kuliah di IPDN atau di pulau Jawa.

“Itu kalau dulu kuliahnya di luar Riau. Termasuk soal izin dari kepala daerah. Kalau dia pejabat kabupaten/kota harus minta izin bupati/walikota. Kalau dia pejabat provinisi kepada gubernur,” tukasnya. (Lis)

Related posts