Potret24.com, Pekanbaru- Pemerintah Provinsi Riau terus menggalakkan produksi sagu. Salah satu jenis sumber pangan ini diyakini bisa tembus pasar internasional.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Ria, H Edi Natar Nasution saat membuka Gestival Pangan Lokal dengan mengusung tema “Sagu Riau Menyapa Dunia” yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Pronvinsi Riau bisa mengangkat budaya lokal yang ada di Riau, Selasa (27/8/2019) di GOR Tribuana Pekanbaru.

“Dengan perlombaan cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang terbuat dari sagu ini, bisa mendukung upaya promosi budaya lokal yang ada di Riau yaitu sagu,” ucap Edy.

Menurutnya, Riau memiliki ketersediaan sagu yang banyak dan memiliki kualitas terbaik se-Indonesia.

“Riau memiliki kesempatan untuk mengembangkan makanan berbahan sagu di tingkat nasional dan internasional,” sebutnya.

Riau sendiri mempunyai luas lahan sagu 82.713 hektare. Rinciannya, 20.200 hektare milik perusahaan dan 60.513 milik rakyat. Total produksi tepung sagu pada tahun 2017 mencapai 326.725 ton.

“Harapan saya dengan hasil sagu yang luar biasa itu, kita bisa sama-sama mengembangkan dan mengolah dengan baik untuk mengangkat perekonomian rakyat,” cakapnya.

Dalam perlombaan ini, Kabupaten Kepulauan Meranti meraih juara 1 dan berhak mewakili Riau diajang tingkat nasional dengan kategori Lunch Box. (Lis)

Print Friendly, PDF & Email