Potret24.com, Jakarta- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk mempercetat kongres pemilihan Ketua Umum (Ketum) sekaligus anggota Komite eksekutif (exco). Keputusan itu juga sebagai bentuk pengabulan atas desakan voters

Sebelumnya, pemilihan Ketum PSSI dan anggota exco telah dijadwalkan pada 25 Januari 2020. Dipilihnya tanggal itu berdasarkan anjuran dari induk sepak bola dunia, FIFA.

Namun, setelah PSSI menggelar KLB di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu 27 Juli 2019, pemilihan Ketum PSSI dipercepat menjadi 2 November 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Ketum PSSI, Iwan Budianto, mengatakan, dalam KLB kali ini sejatinya tidak ada agenda membahas percepatan pemilihan Ketum. Namun, sebagian besar voters mendesak supaya pemilihan segera dilaksanakan.

“Agenda KLB hari ini sudah ditetapkan dan tidak bisa diubah, Tapi, ada yang berharap bisa dipercepat,” kata Iwan saat jumpa pers setelah KLB.

“Agar tidak terjadi perpecahan, saya katakan bahwa kami memutuskan untuk mempercepat pemilihan menjadi November 2019,” imbuhnya.

Iwan menjelaskan setelah KLB ini, exco bakal menggelar rapat darurat untuk menindaklanjuti keputusan percepatan. Kemudian, PSSI perlu menyampaikan perubahaan jadwal dalam bentuk surat kepada FIFA

“Ada yang perlu dirumuskan perihal tahapan kongres pemilihan November 2019. Meskipun FIFA tidak dalam posisi mengizinkan atau tidak, namun PSSI harus tetap memberikan notifikasi kepada mereka,” ucapnya. (Lis)

Print Friendly, PDF & Email